Isu Keterlibatan "Kakak Asuh" Ferdy Sambo di Kasus Brigadir J, Polri Sebut Belum Terkonfirmasi

Polri mengatakan belum mendapatkan informasi terkait dugaan keterlibatan pelaku tidak langsung atau "kakak asuh" dalam kasus Brigadir J.


zoom-inlihat foto
TribunnewsJ-TribunnewsJeprima-eprima.jpg
Tribunnews/Jeprima
Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo atau Irjen FS menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Rekonstruksi ini menghadirkan lima tersangka yang telah ditetapkan yaitu Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf. Rekonstruksi tersebut memeragakan 78 adegan dengan rincian 16 adegan adalah peristiwa yang terjadi di Magelang pada tanggal 4,7, dan 8 Juli 2022, 35 adegan di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling, dan 27 adegan di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri. Sidang banding Ferdy Sambo ini akan dipimpin Jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal, tapi mantan Kadiv Propam itu tak dihadirkan. Tribunnews/Jeprima


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Isu keterlibatan kakak asuh Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J kembali mencuat ke publik.

Sayangnya, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyebut belum mendapatkan konfirmasi terkait dugaan keterlibatan pelaku tidak langsung atau kakak asuh.

“Belum terinformasi,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dikutip Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Istilah kakak asuh merujuk pada anggota Polri, baik yang sudah pensiun atau masih menjadi petinggi di institusi Bhayangkara.

Dugaan soal kakak asuh tersebut sebelumnya telah disampaikan oleh Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi.

Muradi mengungkapkan kasus kematian Brigadir J dapat melibatkan pelaku langsung dan orang yang tidak terlibat langsung namun ikut di dalamnya.

"Bisa jadi kakak asuh itu adalah yang ketiga. Kakak asuh ini adalah yang tidak terlibat langsung, tapi kemudian ikut merancang, ikut mendorong," jelas Muradi.

Baca: Kepolisian Terpaksa Tunda Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan, Sebut Sebagai Langkah Kehati-hatian

Namun, Muradi tidak menyebut dengan pasti siapa sosok kakak asuh Ferdy Sambo.

Tapi tak menutup kemungkinan sosok tersebut berperan besar dalam karier Ferdy Sambo di kepolisian.

Muradi menyebut kakak asuh itu mungkin sosok yang memuluskan karier Ferdy Sambo sebagai jenderal.

Dia juga mengatakan kendati sudah pensiun, seorang anggota Polri terlebih yang memiliki kedudukan serta kehormatan, masih sering dimintai pendapat oleh para juniornya,

Sebab itulah, peluang keterlibatan kakak asuh dalam kasus Ferdy Sambo sangat besar.

Baca: Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat, Berikut Petikan Lengkap Sidang Banding Polri

"Untuk FS ini saya menyebutnya masih dekat dan tanda kutip dikendalikan oleh kakak asuh yang sudah pensiun tadi," imbuh Muradi.

Seperti diketahui, mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kematian Brigadir J.

Brigadir J ditemukan tewas lantaran ditembak di rumah Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta, pada 8 Juli 2022 lalu.

Tak hanya Sambo, polisi juga menetapkan 4 orang sebagai tersangka.

Mereka ialah Bharada E atau Richard Eliezer, Bripka RR atau Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf, dan Putri Candrawathi.

Kelima tersangka itu terancam pasal pembunuhan berencana yakni Pasal 340 juncto Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUAN)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved