Hore! BSU 2022 Tahap 2 Sudah Dicairkan ke 2,4 Juta Pekerja, Berikut Cara Cek Penerimanya

BSU 2022 tahap 2 senilai Rp 600 ribu telah disalurkan ke 2,4 juta pekerja atau buruh. Simak syarat dan cara cek penerima BSU 2022 tahap 2 di sini!


zoom-inlihat foto
ilustrasi-uang-blt-untuk-karyawan-swasta.jpg
Tribunnews/Jeprima
Ilustrasi Uang BLT untuk karyawan swasta. BSU 2022 tahap 2 senilai Rp 600 ribu telah disalurkan ke 2,4 juta pekerja atau buruh. Simak syarat dan cara cek penerima BSU 2022 tahap 2 di sini!


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 atau BLT subsidi gaji tahap 2 telah disalurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Sebanyak 2.406.915 pekerja atau buruh telah menerima BSU sebesar Rp 600 ribu.

"Tadi malam sudah terkirim uang untuk BSU tahap 2 ke lima bank penyalur (Himbara) untuk 1.358.036 orang pekerja. Pagi ini lima bank tersebut sudah dan sedang mengirim ke rekening milik pekerja di atas. Hingga sore atau malam ini kami yakin sudah tuntas semua penyaluran BSU tahap II," ujar Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indah Sari, dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Adapun pencairan BSU tahap kedua yang diberikan kepada para pekerja atau buruh sama seperti tahap pertama, yakni melalui rekening bank Himbara, yaitu Mandiri, BRI, BTN, BNI, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dita juga menjelaskan, apabila pekerja atau buruh belum memiliki rekening bank Himbara dapat melaporkan ke perusahaan tempat bekerja.

"Bagi (pekerja) yang tidak punya rekening Himbara maka laporkan ke manajemen/perusahaan agar bisa menghubungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Nanti BPJS akan komunikasi ke bank untuk membukakan secara kolektif untuk pekerja di perusahaan tersebut," jelasnya.

Penyaluran BSU tahap 2 juga melalui PT Pos Indonesia yang diperuntukkan bagi pekerja yang lokasinya tidak terjangkau dari Bank Himbara.

"Untuk penyaluran via Kantor Pos itu kami prioritaskan untuk daerah-daerah remote yang tidak terjangkau oleh pelayanan perbankan. Sejauh ini penyaluran masih terjangkau oleh lima Himbara (khusus wilayah Aceh menggunakan Bank Syariah Indonesia)," ungkap Dita.

Berikut adalah syarat dan cara cek penerima BSU 2022 tahap 2.

Syarat penerima BSU tahap 2

1. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.

2. Warga negara Indonesia

3. Gaji atau upah paling banyak Rp 3,5 juta

4. Pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu

5. Bukan PNS, TNI, dan Polri

6. Belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, dan bantuan produktif untuk usaha mikro.

Baca: Benarkah Pekerja Dapat Mendaftar BSU 2022 Rp600 Ribu secara Individu?

Cara Cek Penerima BSU 2022 via Laman BPJS Ketenagakerjaan

- Akses laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

- Pada halaman utama, scroll ke bagian bawah dan akan tersedia fitur “Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?”

- Isikan NIK, nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor handphone dan alamat email saat ini.





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved