Korsel Kembalikan Sisa Jasad Tentara Tiongkok yang Tewas dalam Perang Korea

Jasad itu diterima di Bandara Internasional Incheon, Korsel, dan diterbangkan ke Tiongkok menggunakan pesawat kargo militer.


zoom-inlihat foto
Tentara-Tiongkok-membawa-kotak.jpg
SONG KYUNG-SEOK / AFP / POOL
Tentara Tiongkok membawa kotak kayu berisi sisa-sisa jasad tentara Tiongkok yang meninggal pada Perang Korea, di Bandara Internasional Incheon (16/9/2022)


TRIBUNNEWSWKIKI.COM - Korea Selatan (Korsel) mengembalikan sisa-sisa jasad tentara Tiongkok yang tewas dalam Perang Korea (1950—1953) pada hari Jumat, (16/9/2022).

Sembilan tentara Korsel maju menghadap sembilan tentara Tiongkok dan dengan hati-hati menyerahkan sembilan kotak kayu berisi jasad.

Jasad itu diterima di Bandara Internasional Incheon, Korsel, dan diterbangkan ke Tiongkok menggunakan pesawat kargo militer.

Tiongkok sempat terlibat dalam Perang Korea. Negara itu mengirimkan seperempat juta tentara untuk membantu Korea Utara (Korut). Mereka melawan gabungan pasukan Korsel, Amerika Serikat (AS), dan sekutu lainnya.

Namun, hubungan keduanya kini telah membaik. Pengembalian itu juga menjadi simbol hubungan bilateral antara Tiongkok dan Korsel

"Pengembalian sisa jasad martir patriotik dari kedua belah pihak menjadi simbol penting dalam perkembangan baru hubungan Tiongkok-Korea, dan lebih lanjut, itu penting penting dalam pengembangan hubungan bilateral yang matang dan sehat," kata Wakil Menteri Urusan Veteran Chang Zhengguo saat penyerahan, dikutip dari CNN International.

Adapun Wakil Menteri Luar Negeri Korsel Lee Do-hoon mengatakan pengembalian itu adalah "simbol kerja sama yang erat".

Baca: AS & Korsel Unjuk Gigi kepada Korut, Gelar Latihan Militer Besar-besaran

Dalam Perang Korea, ada lebih dari 180.000 tentara Tiongkok yang tewas. Sejak tahun 2014 Korsel mulai mengembalikan jasad-jasad tentara Tiongkok yang ditemukan. Menurut Kementerian Pertahanan Korsel, pengembalian itu merupakan tindakan yang mencerminkan "jiwa kemanusiaan" dan sesuai dengan hukum internasional.

Baca: Korsel Akan Cabut Larangan Baca Media Korut: Agar Saling Mengerti

Sudah ada 825 jasad yang dikembalikan kepada Tiongkok sejak 2014 hingga 2021. Pada penyerahan hari Jumat lalu, terdapat 88 jasad yang diserahkan.

Setelah bendera Tiongkok diletakkan di atas kotak, seluruh pejabat Tiongkok berdiri dan membungkukkan badan sebanyak tiga kali untuk memberikan penghormatan kepada pendahulu mereka.

Tentara Tiongkok kemudian membawa kota-kotak itu ke dalam pesawat Y-20. Pesawat itu dikawal oleh jet tempur J-20.

"Ini adalah pertama kalinya jet tempur siluman J-20 dikerahkan sejak Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat memulai misi seperti itu sejak tahun 2015," kata Global Times, media pemerintah Tiongkok. Sebelumnya, jasad diangkut dengan pesawat J-11.

Jasad akan dikuburkan di Makam Relawan Tiongkok di Shenyang, Provinsi Lianing, hari Sabtu, (17/9/2022), setelah upacara peringatan digelar.

Baca: Tanggapi Aksi Provokasi Korut, AS dan Korsel Pamerkan Jet Tempur di Perairan Korea

Warga Shenyang, Liaoning,
Warga Shenyang, Liaoning, menunggu truk yang membawa sisa-sisa jasad tentara Tiongkok yang tewas pada Perang Korea, (16/9/2022).

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Tiongkok di sini

 

 







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved