Tegas, Kemenag Ancam Cabut Izin Operasional Ponpes yang Lakukan Tindak Kekerasan

Praktik kekerasan di pondok pesantren menjadi sorotan setelah tewasnya seorang santri Pondok Pesantren Darussalam Gontor berinisial AM (17)


zoom-inlihat foto
Yaqut-Cholil-QouYaqut-Cholil-Qoumasmas.jpg
Humas Kemenag RI
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Kementerian Agama akan mencabut izin operasional pondok pesantren yang melakukan praktik kekerasan secara sistematis.

"Jika itu terbukti secara sistematis ya, pesantren (yang) melakukan kekerasan, pelecehan dan seterusnya, kita cabut izin operasionalnya," kata Yaqut saat ditemui di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Rabu (7/9/2022), dikutip dari Kompas.com.

Praktik kekerasan di pondok pesantren menjadi sorotan setelah tewasnya seorang santri Pondok Pesantren Darussalam Gontor berinisial AM (17) lantaran diduga dianiaya kakak kelasnya.

Saat ditanya penjatuhan sanksi terhadap Gontor, Yaqut mengatakan pihaknya bakal mendalami terlebih dulu apakah terjadi kekerasan secara sistematis atau tidak.

"Kita lihat dulu nanti, kan kasusnya ini sistematis atau sanksi. Sanksi kan sanksi hukum karena itu krimimal," ujar Yaqut.

Lebih lanjut, pihaknya sudah membuat keputusan Menteri Agama yang mengatur pondok pesantren untuk melindungi anak-anak dan perempuan.

Namun, dirinya mengakui, pondok pesantren merupakan lembaga independen dan otonom sehingga pemerintah tidak bisa melakukan intervensi terlalu jauh.

"Pengawasan bisa, tetapi kalau disebut kita melakukan intervensi atau campur tangan yang dalam, dalam pesantren enggak bisa karena itu lembaga yang sangat independen dan tidak struktural di bawah kementerian," kata Yaqut.

Gedung Modern Pondok Darussalam Gontor
Gedung Modern Pondok Darussalam Gontor (Instagram.com/pondok.modern.gontor)

Sebelumnya diberitakan, seorang santri berinisial AM (17) wafat pada 22 Agustus 2022 diduga tewas akibat tindak kekerasan yang dilakukan kakak kelasnya.

Informasi kematian santri Pondok Gontor asal Palembang tersebut viral di media sosial setelah ibu korban mengadu ke pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea.

Baca: Santri Gontor Tewas Akibat Dianiaya, Begini Tanggapan Kemenag

Aparat Polres Ponorogo menyelidiki dugaan tersebut.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo mengungkapkan, polisi sudah menemui pengurus Ponpes Gontor terkait kematian AM.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • AKBP Doni Hermawan

    AKBP Doni Hermawan adalah perwira menengah (pamen) di
  • Oreo BLACKPINK

    Oreo BLACKPINK adalah adalah produk eksklusif terbaru dari
  • Brigjen Pol. Ribut Hari Wibowo

    Brigjen Pol. Ribut Hari Wibowo adalah perwira tinggi
  • Benny Rhamdani

    Benny Rhamdani adalah Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran
  • Cara Membuat SIM Online 2022,

    Setiap pengendara kendaraan bermotor wajib mempunyai Surat Izin
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved