Uang Rp200 Juta Milik Brigadir J Diduga Diambil Ferdy Sambo, Pengacara: Terbayang Gak Kejahatannya

Dugaan Ferdy Sambo dan kawanannya kuras tabungan milik Brigadir J hingga mencapai Rp 200 juta mencuat ke publik


zoom-inlihat foto
Kadiv-Propam-Irjen-Ferdy-Sambo-dan-Brigadir-JTRIBUNISTIMEWA.jpg
Istimewa
Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir J


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Uang milik Brigadir Nofryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sebesar Rp200 juta diduga diambil oleh Ferdy Sambo dan kawanannya.

Hal tersebut disampaikan oleh pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Informasi itu terbongkar setelah diketemukan transaksi dari empat rekening milik Brigadir J.

Transaksi di rekening Brigadir J terekam pada 11 Juli 2022 yang dipakai untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening salah satu tersangka.

"Tadi terkonfirmasi sudah, memang benar apa yang saya katakan bahwa tanggal 11 juli 2022 itu masih transaksi, orang mati mengirimkan duit. Nah, kebayang gak kejahatannya? itu masih transaksi orang mati, mengirimkan mengirim duit," ungkap Kamaruddin dikutip dari Tribunnews.

"Nah terbayang ngga kejahatannya. Orang mati dalam hal ini almarhum transaksi uang, mengirim duit ke rekeningnya salah satu tersangka. Ajaib, toh, nah, itulah Indonesia," imbuhnya.

Baca: 35 Polisi Dinyatakan Tak Profesional & Langgar Kode Etik dalam Kasus Tewasnya Brigadir J

Kamaruddin menuturkan bahwa uang yang diambil dari rekening Brigadir J totalnya Rp200 juta. Dia pun meminta pihak kepolisian untuk mengusut dugaan tersebut.

"Orang udah mati orangnya, tapi uangnya mengalir dari rekeningnya, bayangkan kejahatan-kejahatan perbankan dan itu nanti melibatkan perbankan. Dari rekening almarhum mengalir ke tersangka Rp200 juta,"

Kamaruddin mengatakan tak hanya empat rekening saja yang dikuasai oleh eks Kadiv Propam Polri ini, ada juga ponsel dan laptop merek ASUS.

"Ada empat rekening daripada almarhum ini dikuasai atau dicuri oleh terduga Ferdy Sambo dan kawan-kawan. HP, ATMnya di empat bank, laptop bermerek ASUS dan sebagainya ternyata benar seperti saya katakan kemarin, melibatkan PPATK, mengapa ada transaksi sedangkan orangnya sudah mati?," tutur Kamaruddin.

Ferdy Sambo juga sudah mengaku merusak tempat kejadian perkara ( TKP) tewasnya Brigadir J.

Ferdy Sambo juga mengakui soal perusakan tersebut diniatkan untuk merekayasa kejadian dan sesuai dengan skenario yang dibuat.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bidang Penyelidikan dan Pengawasan M. Choirul Anam, dalam konferensi pers usai meminta keterangan Ferdy Sambo di Mako Brimob Kelapa Dua, Jumat (12/8/2022).

Kadiv Propam Polri (non aktif) Irjen Pol Ferdy Sambo saat meninggalkan Bareskrim Polri, Jakarta, seusai menjalani pemeriksaan, Kamis (4/8/2022).
Kadiv Propam Polri (non aktif) Irjen Pol Ferdy Sambo saat meninggalkan Bareskrim Polri, Jakarta, seusai menjalani pemeriksaan, Kamis (4/8/2022). (HARIAN KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)

"Memang dia (Ferdy Sambo) yang mengakui memang dia lah yang menyusun cerita, dialah yang mencoba untuk membuat TKP sedemikian rupa sehingga semua orang juga susah untuk membuat terang peristiwa karena ada kerusakan di TKP," kata Anam, dikutip dari Kompas.

Pengakuan eks Kadiv Propam Polri ini akan menjadi catatan Komnas HAM dalam menyusun rekomendasi soal peristiwa yang menghilangkan nyawa Brigadir J tersebut.

Kasus pembunuhan Brigadir J ini, lanjut Anam, diharapkan segera menemui titik terang.

"Jadi kasus ini semakin terang benderang dan semoga keadilan, informasi yang terang-benderang yang merupakan hak publik segera didapatkan oleh publik," lanjutnya.

Baca: Ronny Talapessy Minta Dukungan Publik agar Bharada E Dibebaskan dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J

Baca: Sosok Seali Syah, Istri Brigjen Hendra Kurniawan yang Niat Bongkar Kasus Brigadir J & Ferdy Sambo

(TRIBUNNEWS/TRIBUNNEWSWIKI/Ka)

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judul Ungkap Dugaan Ferdy Sambo Kuras ATM Brigadir J Rp200 Juta, Pengacara: Orang Mati Bisa Kirim Duit?











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved