Bantu Pendengar Temukan Lebih Banyak Lagu Menarik Dari Teman, Spotify Hadirkan Friends Mix

Spotify meluncurkan playlist baru yang dipersonalisasi secara khusus, yakni Friends Mix.


zoom-inlihat foto
spotify.jpg
Pixabay
Ilustrasi aplikasi Spotify


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ketika memiliki sahabat yang sungguh dekat, kita cenderung akan berbagi banyak hal dengan mereka, mulai dari momen lucu hingga cerita patah hati, atau bahkan lagu-lagu yang sedang sering kita putar! Sosok teman terdekat seringkali menjadi tempat andalan kita untuk mendapatkan rekomendasi musik yang tepat.

Menyadari bahwa penemuan lagu-lagu menarik yang belum diketahui sebelumnya dan pertemanan merupakan dua hal yang saling berkaitan, Spotify meluncurkan playlist baru yang dipersonalisasi secara khusus, yakni Friends Mix.

Melalui playlist yang diluncurkan bersamaan dengan Hari Persahabatan Internasional ini, pendengar diajak untuk menemukan musik yang tak hanya familiar, tetapi juga baru di telinga mereka berdasarkan lagu-lagu yang sedang populer di antara teman-teman terdekat mereka.

Spotify melihat pertemanan sebagai salah satu sumber utama bagi seseorang untuk menemukan musik baru. Di Indonesia saja, Spotify menemukan lebih dari 200.000 user-generated playlists dengan kata “friend” pada nama atau deskripsinya. Dalam setahun, ada lebih dari 24 juta streams untuk playlist semacam ini di Indonesia.

Fenomena ini bahkan lebih relevan untuk Gen Z, dengan menjadi kelompok usia yang paling banyak memutar playlist-playlist tersebut dibandingkan rentang usia lainnya.

Hal inilah yang menjadi alasan Spotify untuk sebelumnya menciptakan Blend—yang memadukan kemampuan personalisasi konten terbaik dari Spotify untuk memudahkan pendengar terkoneksi dan menemukan lebih banyak musik—dan kini membawanya ke tingkat yang lebih tinggi lewat Friends Mix.

Friends Mix merupakan personalized playlist terbaru yang dibuat khusus untuk setiap pendengar berdasarkan Blends yang telah mereka buat dengan teman-teman terdekat mereka. Melalui playlist yang terkurasi ini, pendengar dapat menemukan musik baru yang akan mereka sukai.

Tidak hanya itu, pendengar juga dapat ‘menemukan’ apa yang sedang dirasakan teman mereka saat ini, hanya dengan melihat lagu yang muncul dalam playlist tersebut. Friends Mix diperbarui setiap hari, sehingga akan selalu ada hal baru untuk bisa ditemukan. Playlist ini juga dirancang untuk terus berkembang seiring dengan pendengar dengan teman-temannya.

Oleh karena itu, apabila pendengar menciptakan lebih banyak playlist Blend dengan teman-temannya, mereka akan menemukan banyak musik baru untuk dibagikan dan ditemukan bersama-sama.

Baca: Spotify Perluas Peluncuran Podcast Video, Kini Hadir di Indonesia

Friends Mix saat ini tersedia untuk pengguna yang telah membuat tiga atau lebih Blend yang beranggotakan dua orang. Untuk mendapatkan versi Friends Mix milikmu, kunjungi Made For You Hub di dalam profil Spotify-mu. Apabila kamu belum menemukan Friends Mix dalam laman tersebut, kamu bisa memulainya dengan membuat Blend bersama dengan temanmu.

Ketik “Blend” pada tab pencarian di Spotify. Kemudian, tekan “Invite” untuk memilih teman yang ingin kamu undang untuk membuat playlist Blend ini.
Ketika temanmu sudah menerima undangan tersebut, Spotify akan membuat playlist Blend.

Playlist tersebut berisi rekomendasi lagu yang merefleksikan selera musikmu dan temanmu.

Kamu bahkan bisa melihat lagu yang ditambahkan khusus untukmu ataupun temanmu.Jika temanmu sudah bergabung, kalian akan mendapatkan custom share card yang bisa kamu bagikan di media sosial. Nantinya, playlist Blend kamu akan diperbarui setiap harinya.

Apabila kamu sudah membuat tiga Blend yang berisikan dua orang (termasuk kamu), kamu bisa mendapatkan Friends Mix, playlist khusus dari Spotify yang dikurasi hanya untukmu, dalam laman Made For Us. Di sana, kamu akan menemukan lagu-lagu yang dikombinasikan dari seleramu dan selera temanmu.

Spotify percaya bahwa penemuan musik-musik baru adalah sebuah pengalaman sosial - dan di sini, Friends Mix memberikan pendengar pengalaman tersebut. Kunjungi pula beberapa playlist populer Spotify yang berkaitan dengan pertemanan, seperti Dinner with Friends, Folk & Friends dan Weekends + Friends.

(TRIBUNNEWSWSIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved