Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam)

Divisi Profesi dan Pengamanan adalah salah satu unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri


zoom-inlihat foto
Divisi-Profesi-dan-Pengamanan-111.jpg
Wikimedia Commons
Lambang Div Propam Polri.

Divisi Profesi dan Pengamanan adalah salah satu unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Divisi Profesi dan Pengamanan adalah salah satu unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri. 

Divisi Profesi dan Pengamanan ini biasa disingkat dengan Div Propram.

Div Propam Polri berkedudukan langsung di bawah Kapolri.

Div Propam polri dipimpin oleh perwira tinggi polri berpangkat Inspektur Jenderal Polisi. (1)

Kadivpropam Polri, Irjen Listyo Sigit Prabowo saat di Mabes Polri. Kapolri Tunjuk Listyo Sigit Jadi Kabareskrim Polri (Tribunnews.com)
Kadivpropam Polri, Irjen Listyo Sigit Prabowo saat di Mabes Polri. Kapolri Tunjuk Listyo Sigit Jadi Kabareskrim Polri (Tribunnews.com) (Tribunnews.com)

Baca: Cakrabirawa

 

  • Tugas


Tugas Div Propam secara umum adalah membina dan menyelenggarakan fungsi pertanggungjawaban profesi dan pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri.

Selain itu, tugas lainnya yakni berkaitan dengan pelayanan pengaduan masyarakat tentang adanya penyimpangan tindakan anggota/ PNS Polri.

Namun jika ditilik dari struktur organisasi dan tata cara kerjanya, Propam terdiri dari 3 (tiga) bidang fungsi dalam bentuk sub-organisasi yaitu Pusat/Pus (Pus Paminal, Pus Bin Prof dan Pus Provost):

1. Fungsi pertanggungjawaban profesi berada di bawah pertanggungjawaban Pus Bin Prof.

2. Fungsi pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri berada di bawah pertanggungjawaban Pus Paminal.

3. Fungsi Provos dalam penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan POLRI berada di bawah pertanggungjawaban Pus Provos. (1)

Baca: Janissary

  • Sejarah


Divisi Profesi dan Pengamanan dibentuk sejak Polri dikeluarkan dari status ABRI untuk dikembalikan sebagai Polisi civil terhitung mulai tanggal 27 Oktober 2002 dengan Keputusan Kapolri No.Pol : Kep/53/X/2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Polri.

Organisasi Propam dibentuk dalam bentuk Divisi yang dipimpin oleh seorang Kepala Divisi yang dikenal sebutan Kadiv dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi/Irjen Pol atau Bintang Dua.

Adapun pejabat Pimpinan/Kadiv Propam pertama adalah Irjen. Pol. Drs. Timbul Silaen.

Ia menjabat kurang lebih selama setahun. (2)

Kabid Propam Polda Metro Jaya Kombes Pol. Bhirawa Braja Paksa (kiri) bersama sang kakak, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, pada 29 November 2018 silam saat sang kakak masih menjadi Kepala Staf Angkatan Darat.
Kabid Propam Polda Metro Jaya Kombes Pol. Bhirawa Braja Paksa (kiri) bersama sang kakak, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, pada 29 November 2018 silam saat sang kakak masih menjadi Kepala Staf Angkatan Darat. (Dok. Pribadi Bhirawa Braja Paksa)

Baca: APRA (Angkatan Perang Ratu Adil)

 

  • Satuan


Div Propam Polri membawahi tiga biro dan tiga bagian sebagai pembantu pelaksana tugas Propam, yaitu:

- Biro Wabprof

- Biro Paminal

- Biro Provos

- Bagian Renmin

- Bagian Yanduan

- Bagian Rehab (1)

(TribunnewsWiki.com/Bangkit N)

 



Nama Instansi Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam)
Kedudukan Berada di bawah Kapolri
Dipimpin Perwira tinggi polri berpangkat Inspektur Jenderal Polisi
   


Sumber :


1. propam.riau.polri.go.id
2. id.wikipedia.org








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved