Daftar Politisi Jepang yang Jadi Korban Pembunuhan, Shinzo Abe Bukan PM Pertama yang Terbunuh

Ada sejumlah politisi Jepang yang menjadi target pembunuhan, dari menderita luka hingga tewas terbumuh.


zoom-inlihat foto
Politisi-Jepang-Hirobumi-Ito-Junichiro-Koizumi-dan-Shinzo-Abe.jpg
Kolase Tribunnnewswiki
Politisi Jepang Hirobumi Ito, Junichiro Koizumi, dan Shinzo Abe


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bukan satu-satunya politisi di Jepang yang dibunuh ataupun menjadi korban percobaan pembunuhan.

Shinzo Abe ditembak saat sedang berpidato di Kota Nara, Jepang.

Ia mendapatkan luka tembak sebanyak dua kali.

Shinzo Abe tercatat sebagai perdana menteri ataupun mantan perdana menteri ketujuh yang diserang dan meninggal.

Sebelum Shinzo Abe, ada sejumlah PM Jepang yang diserang dan meninggal dunia sejak tahun 1909.

Baca: Twitter & Facebook Hapus Video Penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Berikut daftarnya, dikutip dari Tribunnews.com.

Pada tahun 1909, Perdana Menteri pertama, Hirobumi Ito, Ketua Dewan Penasihat (majelis tinggi parlemen Jepang), ditembak mati oleh orang Korea An Jung-geun.

Hirobumi Ito
Hirobumi Ito (Kolase Tribunnnewswiki/Wikipedia)

Dua belas tahun kemudian, pada tahun 1921, Perdana Menteri Hara Takashi, yang dikenal sebagai "Perdana Menteri Heimin," ditikam oleh seorang pemuda di Stasiun Tokyo.

Pada tahun 1930, Perdana Menteri Hamaguchi Osachi ditembak di peron yang sama, Stasiun Tokyo dan meninggal pada tahun berikutnya (1931).

Pada tahun 1932, insiden 15 Mei terjadi di mana perwira muda Angkatan Laut bersenjata membunuh Perdana Menteri Tsuyoshi Inukai.

Pada tahun 1936, insiden 26 Februari terjadi, menewaskan mantan Perdana Menteri Saito Makoto dan Takahashi Korekiyozo.

Pada tahun 1960, kakek Shinzo Abe, Perdana Menteri Nobusuke Kishi, ditikam di paha di tempat resepsi Kantor Perdana Menteri dan terluka parah, nyawanya terselamatkan.

Bahkan di antara politisi selain perdana menteri, kasus di mana Inejiro Asanuma, ketua Partai Sosialis, ditikam oleh seorang anak laki-laki sayap kanan berusia 17 tahun dengan belati saat memberikan pidato di Aula Umum Hibiya di Tokyo pada tahun 1960 yang merupakan kenakalan di depan umum.

Baca: Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak, Kini dalam Kondisi Kritis

Baca: Polisi Jepang Selidiki Kemungkinan Adanya Kesalahan dalam Pengamanan Shinzo Abe

Pada tahun 1960, Yoko diserang oleh seorang preman ketika ayahnya, Nobusuke Kishi, keluar dari venue untuk merayakan peresmian Hayato Ikeda.

Kishi ditusuk bagian pahanya, tetapi selamat.

Pada Maret 1992, mantan Wakil PM Jepang dan juga Wakil Presiden Partai Demokrat Liberal, Shin Kanemaru, ditembak dengan pistol setelah memberikan kuliah di Prefektur Tochigi.

Kanamaru tidak terluka, dan seorang anggota kelompok sayap kanan ditangkap di tempat.

Pada bulan Mei 1994, mantan Perdana Menteri Morihiro Hosokawa ditembak oleh seorang pria yang merupakan mantan eksekutif kelompok sayap kanan di lobi hotel di Tokyo, tapi itu aman. Hosokawa selamat.

Takaji Kunimatsu Kepala Kepolisian Jepang (1995), sempat ditembak anggota cult sesat Aum Shinrikyo di rumahnya.

Politisi besar Jepang terbunuh atau percobaan pembunuhan di masa lalu. Dari atas kiri ke kanan: Shin Kanemaru (1992), mantan Wakil PM Jepang, Morihiro Hosokawa (1994) mantan PM Jepang. Bawah kiri adalah Takaji Kunimatsu Kepala Kepolisian Jepang (1995), dan Walikota Nagasaki yang terbunuh oleh Yakuza tahun 2007.
Politisi besar Jepang terbunuh atau percobaan pembunuhan di masa lalu. Dari atas kiri ke kanan: Shin Kanemaru (1992), mantan Wakil PM Jepang, Morihiro Hosokawa (1994) mantan PM Jepang. Bawah kiri adalah Takaji Kunimatsu Kepala Kepolisian Jepang (1995), dan Walikota Nagasaki yang terbunuh oleh Yakuza tahun 2007. (Foto Jiji/EPA/Richard Susilo)

"Saya sedih sekali untung saja tembakan meleset dan saya selamat waktu itu," papar Kunimatsu khusus kepada Tribunnews dalam wawancara khusus tanggal 13 Februari 2017 di rumahnya.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved