Akan Jadi Syarat Masuk Mal, Ini Cara Daftar Vaksin Booster di PeduliLindungi

Vaksin booster akan menjadi syarat untuk masuk mal, perkantoran hingga sebagai syarat perjalanan. Berikut cara dapat vaksin booster.


zoom-inlihat foto
Petugas-medis-melakukan-vaksinasi-Covid-19-kepada-warga-Rusun-Tanah-Tinggi-Jakarta-Pusat.jpg
Tribunnews/Herudin
Petugas medis melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga Rusun Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Senin (14/6/2021). Pemerintah menargetkan ada 7,5 juta vaksinasi warga di Jakarta pada akhir Agustus mendatang. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai?herd immunity (kekebalan komunal) sehingga penyebaran Covid-19 dapat ditekan. Tribunnews/Herudin


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Vaksin booster akan menjadi syarat untuk masuk mal, perkantoran hingga sebagai syarat perjalanan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Padjaitan berujar, syarat vaksinasi ini akan berlaku paling lambat 2 minggu ke depan.

"Untuk mendorong vaksinasi booster, syarat perjalanan dan masuk tempat umum seperti mal dan perkantoran, akan diubah jadi vaksinasi booster," ujar Menko Luhut dalam keterangan resmi, Senin (4/7/2022), dilansir dari laman maritim.go.id.

"Selain itu, pemerintah juga akan kembali menerapkan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan baik udara, darat, maupun laut, yang akan dilakukan maksimal dua minggu lagi," sambungnya.

Nantinya sentra vaksinasi di berbagai tempat seperti bandara, stasiun kereta, terminal, dan pusat perbelanjaan akan diaktifkan kembali untuk memudahkan masyarakat mengakses vaksinasi.

Vaksin booster merupakan vaksin tambahan yang dapat memberikan perlindungan lebih terhadap penyakit karena efek dari beberapa vaksin yang dapat menurun seiring waktu.

Bagi masyarakat yang berusia di atas 18 tahun yang belum melakukan vaksinasi booster Covid-19 dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi melalui PeduliLindungi.

Tiket itu dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu mulai vaksinasi ketiga yang ditentukan (minimal 3 bulan setelah vaksinasi dosis kedua).

Untuk mengecek tiket melalui situs web, masyarakat bisa mengunjungi laman www.pedulilindungi.id lalu memasukkan "Nama Lengkap" dan "NIK", lalu klik periksa.

Baca: Jokowi Imbau Masyarakat Segera Ikuti Vaksinasi Booster, Stok Pemerintah Lebih dari Cukup

Baca: Kasus Covid-19 Naik, Ahli Usul Pemerintah Beri Vaksin Dosis Keempat untuk Nakes

Sementara, apabila melalui aplikasi PeduliLindungi bisa melihat langkahnya di bawah ini:

1. Buka aplikasi PeduliLindungi

2. Log in dengan akun yang tercatat

3. Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”

4. Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun

5. Untuk cek tiket, masuk ke menu "Riwayat dan Tiket Vaksin"

(Tribunnewswiki.com/Falza, Tribunnews.com)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved