ACT (Aksi Cepat Tanggap)

ACT atau Aksi Cepat Tanggap adalah lembaga bidang sosial dan kemanusiaan yang didirikan pada 21 April 2005.


zoom-inlihat foto
ACT-Aksi-Cepat-Tanggap.jpg
act.id
ACT (Aksi Cepat Tanggap) merupakan lembaga yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan.

ACT atau Aksi Cepat Tanggap adalah lembaga bidang sosial dan kemanusiaan yang didirikan pada 21 April 2005.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - ACT atau Aksi Cepat Tanggap adalah lembaga sekaligus yayasan yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan.  

Pusat kantor ACT berada di Cilandak Timur, Jakarta Selatan. (1)

Visi ACT adalah menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik.

ACT sempat memunculkan kontroversi setelah Majalah Tempo mengeluarkan laporan utama berjudul "Kantong Bocor Dana Umat" edisi Sabtu 2 Juli 2022. (2) 

Ahyudin
Ahyudin (via Tribun Jabar)

Baca: Lembaga Kebudayaan Rakyat

 

  • Sejarah


Aksi Cepat Tanggap (ACT) secara hukum diluncurkan sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan pada 21 April 2005.

Untuk memperluas karya, ACT mengembangkan aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti kurban, zakat, dan wakaf.

ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan corporate social responsibility (CSR).

Sejak tahun 2012 ACT mentransformasi dirinya menjadi sebuah lembaga kemanusiaan global dan menjangkau aktivitas yang lebih luas.

Lembaga ACT memiliki dua skala, yakni skala lokal dan skala global.

Pada skala lokal, ACT mengembangkan jejaring ke semua provinsi baik dalam bentuk jaringan relawan dalam wadah MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) maupun dalam bentuk jaringan kantor cabang ACT.

Jangkauan aktivitas program hingga saat ini telah sampai ke 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Pada skala global, ACT mengembangkan jejaring dalam bentuk representative person, hingga menyiapkan kantor ACT di luar negeri.

Jangkauan aktivitas program skala global telah sampai ke 22 Negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika, Indocina dan Eropa Timur.

Wilayah kerja ACT di skala global diawali dengan kiprah dalam setiap tragedi kemanusiaan di berbagai belahan dunia seperti bencana alam, kelaparan dan kekeringan, konflik dan peperangan, termasuk penindasan terhadap kelompok minoritas berbagai negara. (2) 

Semua program global ACT menjadi sarana merajut kemitraan berbagai lembaga amil zakat, komunitas peduli, artis, dan tokoh masyarakat yang memiliki visi yang sama untuk kemanusiaan.

Tahun 2014 adalah awal ACT untuk menjalin kolaborasi kemanusiaan dunia, bersamaan dengan visi baru, yaitu menjadi lembaga kemanusiaan global profesional, berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global, kami inginmewujudkan peradaban dunia yang lebih baik.

Baca: Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

  • Pengurus


Dewan Pembina

Ketua : N Imam Akbari

Anggota :

Bobby Herwibowo, Lc

Dr Amir Faishol Fath, Lc, MA

Hariyana Hermain

Dewan Pengawas

Ketua : H Sudarman, Lc

Anggota : Sri Eddy Kuncoro

Pengurus

Ketua : Ibnu Khajar

Sekretaris : Sukorini

Bendahara : Echwan Churniawan (1) 

 

  • Kasus


Pada bulan Juli 2022, ramai tagar #AksiCepatTilep hingga #JanganPercayaACT di sosial media Twitter.

Tagar ini muncul tidak lama setelah Majalah Tempo mengeluarkan laporan utama berjudul "Kantong Bocor Dana Umat" edisi Sabtu 2 Juli 2022.

Para petinggi ACT disebut menerima sejumlah fasilitas mewah berupa mobil operasional jenis Alphard dan penggunaan dana donasi untuk operasional yang berlebihan. (3)

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/YUSTICA)

 



Nama Lembaga ACT (Aksi Cepat Tanggap)
Peresmian 21 April 2005
Dewan Pembina N Imam Akbari
Dewan Pengawas H Sudarman, Lc
Pengurus Ibnu Khajar
Jenis Lembaga, yayasan


Sumber :


1. tribunnews.com
2. act.id
3. kompas.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved