Edisi Satu Tahun : Menengok Kampanye EQUAL Spotify Dorong Capaian Artis Perempuan di Industri Musik

Dari Niki hingga Nadin Amizah, semakin banyak artis perempuan terwakili di tangga lagu teratas Indonesia setelah program ini diluncurkan


zoom-inlihat foto
Dari-Niki-hingga-Nadin-Amizah.jpg
Spotify
Dari Niki hingga Nadin Amizah, semakin banyak artis perempuan terwakili di tangga lagu teratas Indonesia setelah program EQUAL Spotify diluncurkan


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bulan ini menandakan tepat satu tahun sejak Spotify pertama kali meluncurkan kampanye EQUAL di Indonesia sebagai bentuk dukungan bagi kesetaraan gender di industri musik.

Sejak peluncurannya, Spotify telah mengikutsertakan lebih dari 400 musisi perempuan dari lebih 50 negara pada program ini.

Tidak hanya itu, playlist EQUAL juga telah mengumpulkan lebih dari 58 juta streaming dari pendengar di 184 pasar yang berbeda, termasuk Indonesia.

Kampanye EQUAL diluncurkan secara global dan di Indonesia tahun lalu untuk mendukung kesetaraan gender di industri musik dan memperluas deretan kesuksesan program Spotify menjadi satu pengalaman utuh dengan mendukung kreator perempuan di bawah satu naungan. 

Tidak hanya itu, Spotify juga sangat senang melihat lebih banyak artis-artis perempuan yang mendapatkan pengakuan atas hasil karya mereka.

Olivia Rodrigo, salah satu artis EQUAL Spotify, baru-baru ini mendapatkan bukan hanya satu, tetapi tiga penghargaan dari Grammy Awards 2022.

Di Indonesia, kita punya NIKI yang mendapatkan pengakuan internasional atas penampilannya di Coachella pada 15 April 2022 lalu dan menambah daftar prestasi dari artis EQUAL Spotify.  

Selain itu, ada 36 hari dalam setahun terakhir di mana ambassador dari program EQUAL ditampilkan di Billboard New York Times Square.

Termasuk di antaranya adalah 12 artis Indonesia yang menjadi bagian dari inisiatif ini, yaitu Nadin Amizah, NIKI, Raisa, Rossa, Maudy Ayunda, Yura Yunita, Lyodra, Tiara Andini, Mahalini, Ramengvrl, Danilla, dan SIVIA.

Berikut ini adalah cerita dari lima di antara 12 perempuan luar biasa yang menjadi bagian dari program EQUAL Indonesia.

Mulai dari artis EQUAL Indonesia pertama, Nadin Amizah, hingga Lyodra yang dengan lagunya “Pesan Terakhir” berhasil masuk ke EQUAL Playlist Global Spotify pada November lalu dan meraih berbagai penghargaan international, inilah beberapa kisah prestasi mereka selama setahun terakhir.

Nadin Amizah

Artis EQUAL Indonesia pertama, Nadin Amizah
Artis EQUAL Indonesia pertama, Nadin Amizah

Artis EQUAL Indonesia pertama, Nadin Amizah, meraih peringkat signifikan dalam jajaran artis yang paling banyak didengarkan di Spotify Indonesia tahun lalu.

Peringkatnya naik dari #28 pada tahun 2020 ke urutan #8 pada tahun 2021.

Dengan pencapaian tersebut, Nadin menjadi artis perempuan lokal yang paling banyak didengarkan di Indonesia tahun lalu. 

Tak hanya itu, lagunya “bertaut” yang diputar lebih dari 100 juta kali di Spotify, termasuk dalam 3 lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia, peringkat #4 lagu yang paling banyak diputar berulang kali di Indonesia, dan peringkat #10 lagu yang paling banyak didengarkan sepanjang 5 tahun, atau sejak Spotify diluncurkan di Indonesia.

Pada tahun 2022 ini, Nadin menjadi salah satu artis yang paling dinanti dalam festival musik Java Jazz di Indonesia.

Mahalini

Mahalini Raharja, terpilih sebagai EQUAL Artist of the Month untuk Bulan Januari 2022
Mahalini Raharja, terpilih sebagai EQUAL Artist of the Month untuk Bulan Januari 2022

Penyanyi asal Bali, Mahalini Raharja, terpilih sebagai EQUAL Artist of the Month untuk Bulan Januari 2022—tak lama setelah ia membawa pulang penghargaan New Artist of The Year dalam ajang Indonesian Music Awards (IMA) pada Desember 2021.

Mahalini terus mencetak prestasi dalam industri musik tanah air, sebagaimana yang terlihat dari jumlah pendengarnya yang terus meningkat.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved