Mudik Lebaran 2022, Menhub Janjikan Tarif Tol Gratis Jika Gerbang Tol Macet hingga 1 Km

Kebijakan ini diambil agar pengelola jalan tol melakukan pengaturan maksimal selama periode mudik Lebaran 2022


zoom-inlihat foto
kendaraan-pemudik-dari-arah-jakarta-melewati-jalan-tol-jakarta-cikampek-di-cikampek-jawa-barat.jpg
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Ilustrasi. Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol jakarta-cikampek di Cikampek, Jawa Barat


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah menjanjikan akan menggratiskan tarif tol saat mudik Lebaran 2022 dengan catatan jikaterjadi kemacetan hingga 1 kilometer lebih di gerbang tol.

"Kalau di tol sudah ada kesepakatan, kalau macetnya di gerbang lebih dari 1 Km bebas (biaya tol)," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (20/4/2022), dikutip dari Kompas.com.

Kebijakan ini diambil agar pengelola jalan tol melakukan pengaturan maksimal selama periode mudik Lebaran 2022 dan untuk menjamin kelancaran arus mudik.

Sebab, diprediksi akan ada 85,5 juta orang melakukan mudik di mana 40 jutanya menggunakan kendaraan pribadi dan sebagian akan menggunakan jalan tol.

Ilustrasi. Petugas kepolisian mengatur pemberlakuan contra flow di ruas jalan Tol Semarang Bawen, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu
Ilustrasi. Petugas kepolisian mengatur pemberlakuan contra flow di ruas jalan Tol Semarang Bawen, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Kemudian, jumlah pemudik tahun ini juga diperkirakan meningkat 40 persen dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 di tahun 2019.

"Ini adalah suatu cara kita untuk menuntut para pengelola tol bekerja baik. Kalau dia bekerja baik enggak bakal macet. Makanya kolaborasi untuk imbauan untuk mudik awal juga memberikan satu punishment kepada tol yang tidak bekerja baik," jelasnya.

Baca: Aturan Baru Mudik Naik Kereta Api, Anak Usia 6-17 Tahun Tidak Harus Tes Covid-19

Baca: Polda Metro Jaya Buka Mudik Gratis 2022, Simak Cara Mendaftar dan Rute Perjalanannya

Namun demikian, penerapan kebijakan menggratiskan tarif tol ini akan diatur oleh Kakorlantas Polri yang bertugas di lokasi tol.

"Kewenangan tetap di Kakorlantas," kata dia.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved