Sri Mulyani Umumkan THR PNS Cair Mulai H-10 Lebaran 2022

Menkeu Sri Mulyani Indrawati resmi mengumumkan rencana pencairan THR untuk PNS atau ASN tahun 2022.


zoom-inlihat foto
menteri-keuangan-sri-mulyani-indrawati-10.jpg
KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah resmi mengumumkan rencana pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2022.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa pencairan THR untuk PNS dapat dimulai H-10 Lebaran atau Idul Fitri 2022 seperti tahun sebemulnya.

Dia mengungkapkan bahwa kementerian dan lembaga dapat mulai mengajukan surat perintah membayar THR ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) mulai Senin, 18 April 2022 mendatang dan dapat dicairkan oleh KPPN sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Adapun dalam hal THR belum dapat dibayarkan sebelum Hari Raya Idul Fitri, THR dapat dibayarkan sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini berlaku untuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah, TNI, Polri, serta pensiunan.

"Saya berharap semuanya bisa dilakukan mulai pada H-10 sehingga dalam hal ini ASN pusat, daerah, TNI/Polri sudah bisa menerima THR sebelum hari raya," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Sabtu (16/4/2022).

Baca: Sri Mulyani Indrawati S.E., M.Sc., Ph.D

Baca: Pemerintah Resmi Umumkan THR ASN dan Pensiunan Tahun Ini Lebih Besar daripada Tahun Lalu

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani aturan pemberian tunjangan hari raya (THR) pada Lebaran 2022.

Aturan yang ditandatangani Jokowi tersebut salah satunya mengatur tentang pemberian gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, serta pejabat negara.

Jokowi juga memastikan bahwa THR dan gaji ke-13 bagi ASN atau pegawai negeri sipil (PNS) bakal segera cair dalam waktu dekat.

Selain THR dan gaji ke-13 yang segera cair, Jokowi menyampaikan bahwa ASN juga bakal mendapatkan tambahan tunjangan kinerja (tukin) sebesar 50 persen.

Adapun tunjangan itu diberikan untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja.

"Pada 13 April 2022, saya telah menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian THR dan gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat negara, serta tambahan tunjangan kinerja 50 persen untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja," kata Jokowi pada Kamis (14/4/2022).

"Kebijakan ini merupakan wujud penghargaan atas kontribusi aparat pusat dan aparat daerah dalam menangani pandemi COVID-19, serta diharapkan menambah daya beli masyarakat dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional," imbuhnya.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar berita terkait lainnya di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved