Peneliti Uji Coba Penggunaan Ganja untuk Obati Long Covid

Jika hasil awal menggembirakan, maka penelitian akan ditingkatkan menjadi uji klinis besar di Inggris.


zoom-inlihat foto
ilustrasi-tanaman-ganjaa.jpg
net
ilustrasi tanaman ganja


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Peneliti dari badan amal bernama Drug Science tengah melakukan uji coba untuk melihat penggunaan ganja dalam mengobati Long Covid.

Sebanyak 30 pasien penderita gejala berkepanjangan seperti kelelahan, nyeri otot, kecemasan, dan sulit tidur akan didaftarkan melalui dokter umum yang berpartisipasi.

Dikutip dari The Hill, lisensi pertama dari jenisnya telah diberikan Komite Etik Penelitian NHS dan Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA).

Badan amal tersebut didirikan mantan Tsar Narkoba Pemerintah Prof David Nutt.

Jika hasil awal menggembirakan, maka penelitian akan ditingkatkan menjadi uji klinis besar di Inggris.

Peserta akan diberikan minyak ganja setiap hari, yang terbukti bekerja untuk beberapa pasien penderita bentuk lain dari kelelahan pasca-virus.

David Badcock, kepala eksekutif Drug Science, menjelaskan penelitian diperlukan untuk mengatasi Long Covid dan dengan cepat.

“Saat ini dokter memiliki sangat sedikit yang dapat mereka tawarkan kepada pasien," ujarnya.

ilustrasi tanaman ganja
ilustrasi tanaman ganja (Gambar oleh 7raysmarketing dari Pixabay)

“Penelitian akan membawa kita ke pilihan yang paling efektif dan ini termasuk melihat obat-obatan seperti ganja yang, meskipun legal diresepkan di Inggris sejak 2019, masih banyak disalahpahami dan jarang diresepkan,” tambahnya.

Baca: Ganja

Baca: Masih Jadi Pro Kontra, Ganja Terbukti Secara Medis Sembuhkan 5 Penyakit Ini, Termasuk Epilepsi

Para ilmuwan secara global masih belum tahu mengapa gejala Covid yang lama seperti sesak napas, kabut otak, kelelahan, dan nyeri otot bertahan hingga berbulan-bulan pada beberapa pasien.

Kantor Statistik Nasional memperkirakan sebanyak 1,3 orang Inggris menderita Long Covid bahkan sebelum lonjakan Omicron menyebabkan rekor tingkat infeksi pada musim dingin ini.

Ganja saat ini diresepkan secara legal di Inggris, namun jarang dilakukan oleh dokter umum karena kurangnya uji klinis yang kuat yang dilakukan terhadap manfaat dan potensi bahayanya.

Sejumlah kelompok pasien menuntut investasi penelitian yang lebih besar untuk memungkinkan uji klinis itu.

Peserta akan diberi resep Medicabilis dosis harian, obat ganja berbentuk minyak yang dikembangkan perusahaan farmasi BOD Australia.

Resep tersebut mengandung 5 persen Cannabidiol, yang dikenal sebagai CBD, dan 0,2 persen Tetrahydrocannabinol, yang dikenal sebagai THC.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)

SIMAK ARTIKEL SEPUTAR GANJA DI SINI







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved