Taruna Ikrar Raih ICMI Award Bidang Teknologi Kesehatan

Penghargaan tersebut diberikan berkat pengaruh dan manfaat penemuannya terhadap Kemajuan Ilmu, teknologi, ekonomi, sosial, masyarakat


zoom-inlihat foto
Taruna-Ikrar-menerima-ICMI-Award.jpg
Dokumentasi Pribadi
Taruna Ikrar menerima ICMI Award Bidang Teknologi Kesehatan berkat pengaruh dan manfaat penemuannya terhadap Kemajuan Ilmu, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Masyarakat, baik secara Nasional maupun Internasional


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ilmuwan asal Makassar, Prof Taruna Ikrar M Pharm MD PhD kembali mendapatkan penghargaan penting.

Kali ini, ia menerima penghargaan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) AWARD di Hotel Grand Asrilia Bandung, Sabtu (4/12/2021). 

Penghargaan tersebut diterima Taruna Ikrar dalam Muktamar VII ICMI Tahun 2021 dan MILAD ke-31 ICMI bertema "Membangun Indonesia Bermartabat, Menuju Indonesia Emas 2045".

Taruna Ikrar didaulat menerima penghargaan berkat pengaruh dan manfaat penemuannya terhadap Kemajuan Ilmu, teknologi, ekonomi, sosial, masyarakat, baik secara nasional maupun internasional.

Taruna Ikrar telah melakukan penelitian kedokteran lebih 20 tahun, dan menghasilkan karya ilmiah Kedokteran lebih 100 artikel, yang dipublikasikan di journal bereputasi International dengan ribuan situasi.

Yakni seperti Nature Journal, New England Journal of Medicine, Physiology Journal, Neuron Journal, Circulation Journal, Molecular Therapy, Frontier Journal dan lainnya.

Taruna Ikrar yang menerima apresiasi tersebut, juga melihat pentingnya keberadaan ICMI.

Sementara itu, Taruna Ikrar turut menyoroti tentang bagaimana pengaruh umat Islam pada kehidupan berbangsa, kaitannya dalam kiprah ICMI sejauh ini.

"Dengan kondisi yang membaik ini, maka pada dasawarsa 80-an mitos bahwa umat Islam Indonesia merupakan mayoritas tetapi secara teknikal minoritas runtuh dengan sendirinya," ujarnya, saat dihubungi Tribunnewswiki.com.

Di sisi lain, pendidikan berbangsa dan bernegara yang diterima kaum santri di luar dan di dalam kampus telah mematangkan mereka bukan saja secara mental, tetapi juga secara intelektual.

Taruna Ikrar mengatakan, ari mereka itulah lahir critical mass yang responsif terhadap dinamika dan proses pembangunan yang sedang dijalankan dan juga telah memperkuat tradisi intelektual melalui pergumulan ide dan gagasan yang diekspresikan baik melalui forum seminar maupun tulisan di media cetak dan buku-buku.

"Seiring dengan itu juga terjadi perkembangan dan perubahan iklim politik yang semakin kondusif bagi tumbuhnya saling pengertian antara umat Islam dengan komponen bangsa lainnya, termasuk yang berada di dalam birokrasi," jelasnya.

Prof. dr. Taruna Ikrar, M.D., M. Biomed, Ph.D.,
Prof. dr. Taruna Ikrar, M.D., M. Biomed, Ph.D., (Private Document)

Ajang pemberian penghargaan setiap lima tahunan tersebut juga dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin.

Sementara itu, Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, diperlukan kerja sama seluruh komponen masyarakat untuk memulihkan kondisi bangsa pascapandemi.

Termasuk kerja sama dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Tentunya dengan menerapkan perpaduan ilmu dan iman di setiap langkah yang dijalani.

“Berbekal ilmu dan iman, cita-cita bangsa akan terwujud bila seluruh komponen masyarakat bahu membahu. Sebagai mitra strategis pemerintah, saya berharap ICMI dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan dampak yang diakibatkan

Baca: Prof Taruna Ikrar Bersama dr Dito Anurogo Publikasi Jurnal Internasional Tentang Vaksin

Baca: Taruna Ikrar Jadi Orang Indonesia Pertama yang Terpilih sebagai Direktur IAMRA

Ma'ruf mengatakan ilmu dan iman merupakan dua hal yang saling berkaitan.

Pasalnya kedua hal tersebut akan saling melengkapi dan menyeimbangi sehingga seluruhnya dapat berjalan dengan selaras.

“Layaknya dua sisi mata uang, ilmu dan takwa tidak terpisahkan, Ilmu pengetahuan justru semakin menuntun kita pada keimanan. Keduanya menjadi pegangan setiap insan dalam menjalani kehidupan,”





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • AKBP Handik Zusen

    Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP Handik Zusen
  • AKBP Pujiyarto

    Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP Pujiyarto adalah
  • Risol Mayo

    Risol mayo adalah kuliner yang memiliki isian telur,
  • Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 41

    Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 41 telah dibuka pada
  • Yos Johan Utama

    Yos Johan Utama adalah dosen sekaligus rektor Universitas
Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved