SBY Ucapkan Terima Kasih Tak Terhingga kepada Jokowi dan Maruf Amin

SBY mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Jokowi dan Maruf Amin atas kepedulian dan bantuan dalam menjalani pengobatan kanker prostat.


zoom-inlihat foto
Susilo-Bambang-Yudhoyono-SBY.jpg
Capture Instagram/@aniyudhoyono
SBY membeberkan kondisi terkininya pascaoperasi besar kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat (AS).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian dan bantuan dalam menjalani pengobatan kanker prostat yang dideritanya di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu menyampaikan hal tersebut melalui sebuah video yang diunggah di akun Instagram almarhumah Ani Yudhonoyo, @aniyudhoyono, pada Selasa (23/11/2021).

"Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada bapak Presiden Jokowi dan bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian, perhatain, dan bantuannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika Serikat ini," kata SBY, seperti dikutip TribunnewsWiki.

SBY juga menghaturkan terima kasih kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Boediono yang menjabat wakil presiden di periode kedua pemerintahan SBY, dan Jusuf Kalla yang pernah mendampingi sebagai wakil presiden di periode pertama pemerintahan atas perhatian, kepedulian, dan doa baik atas apa yang dialaminya saat ini.

"Saya ingin menyatakan ucapan terima kasih dengan rasa syukur dan rasa haru, semua doa yang disampaikan kepada saya memohon pertolongan Allah agar pengobatan saya berlangsung dengan baik. Baik itu disampaikan melalui telepon melalui media sosial, acara-acara doa bersama, termasuk yang mengunjungi saya di Rochester, Amerika Serikat," kata SBY.

"Saya sangat berterima kasih dan mendoakan saudara-saudara kami, juga yang mendoakan agar selalu mendapatkan lindungan Allah kesehatan lahir dan batin dan terbebas dari penyakit kanker yang sama-sama kita cemaskan," ujarnya.

Baca: Derita Kanker Prostat, SBY Akan Jalani Pengobatan di Luar Negeri Didampingi Tim Dokter Kepresidenan

Baca: Susilo Bambang Yudhoyono

Dalam kesempatan itu, SBY juga mengungkapkan secara langsung kondisi terkininya pascaoperasi besar kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat (AS).

SBY mengatakan bahwa dirinya telah menjalani tindakan medis opersai besar untuk mengangkat prostatnya yang di dalamnnya ada sel-sel kanker.

Dia berujar, operasi tersebut berjalan lancar.

"Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspetasi baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clicnic," kata SBY.

Pascatindakan medis tersebut, SBY sampai saat ini masih melakuakn pemulihan. Dia juga taat dalam melakukan kontrol.

"Sejauh ini, pascatindakan yang dilaksanakan sebelas hari yang lalu, tim doketr menyimpulkan bahwa apa yang saya alami ini sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi kanker prostat yang dideritanya," ujar SBY.

SBY pun mengaku bahwa operasi besar yang ia jalani tersebut memiliki sejumlah resiko.

"Saya tahu, dan pada usia 72 tahun ini resiko itu bertambah besa. Namun saya sudah mengambil keputusan dan setelah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia, utamanya tim dokter kepresidenan yang merawat kesehatan Presiden dan Wakil Presiden serta mantan-mantan Presiden dan Wakil Presiden bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya untuk kondisi saya paling tepat," ungkapnya,

"Pihak Mayo Clinic juga berpendapat demikian setelah melihat hasil patologi kanker yang ada dalam tubuh saya maka pilihan ini sudah tepat dan benar," imbuhnya.

"Mereka juga memliiki optimisme bahwa pada saatnya apa yang saya alami ini bisa diatasi dan bisa kembali normal," ujar SBY.

Baca: Dilantik Jokowi sebagai KSAD, Dudung Abdurachman Langsung Naik Pangkat Jadi Jenderal Bintang Empat

Baca: Dilantik Jokowi, Dudung Abdurachman Resmi Jadi KSAD Gantikan Andika Perkasa

SBY mengatakan bahwa kelancaran operasinya tersebut terjadi dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa dengan teknologi metodologi keterampilan tim dokter di Mayo Clinic yang sebelumnya ditangani oleh tim dokter Indonesia.

"Saya akan patuh menjalnia apa-apa yang perlu yang saya lakukan sebagai pasien pascaoperasi di Mayo Clinic ini," kata SBY.

Sebagai informasi, SBY didiagnosis mengidap kanker prostat stadium awal setelah menjalani serangkaian pemeriksaan melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, dan pemeriksaan lainnya oleh tim dokter.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar berita terkait lainnya di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved