Catat! PNS, Karyawan BUMN dan Swasta Dilarang Cuti Akhir Tahun

pemerintah enggan ambil risiko bila di akhir tahun, angka penularan kembali tidak terkendali.


zoom-inlihat foto
KompascomKurnia-Sari-Azizaxdvfd.jpg
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Ilustrasi PNS


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah bakal menerapkan PPKM Level 3 saat libur Natal dan tahun baru untuk menghindari risiko peningkatan angka penularan Covid-19.

Adapun pemerintah juga memberlakukan larangan cuti libur akhir tahun 2021 bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, serta karyawan BUMN dan swasta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah enggan ambil risiko bila di akhir tahun, angka penularan kembali tidak terkendali.

"Kita akan memberlakukan PPKM Level 3 antara tanggal 24 (Desember) sampai dengan 1 Januari. Jadi kita tidak mau ambil risiko dengan harapan kita bisa melampaui tikungan pertama, maka situasi ekonomi di Januari kita bisa terus dorong," kata Airlangga dalam Kompas100 CEO Forum, Kamis (18/11/2021)

Ilustrasi pesta kembang api, salah satu tradisi yang digelar saat perayaan Malam Tahun Baru.
Ilustrasi pesta kembang api, salah satu tradisi yang digelar saat perayaan Malam Tahun Baru. (Flickr/ Dennis van Zuijlekom)

Kebijakan tersebut juga disampaikan PMK Muhadjir Effendy melalui Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021.

"Kita upayakan menekan sesedikit mungkin (masyarakat) yang akan berpergian. Dan ini sudah diberi pagar-pagar, mulai dari tidak ada libur cuti bersama, kemudian pelarangan mereka (ASN) untuk mengambil cuti yang akan kita lakukan," ujar Muhadjir seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (20/11/2021).

Baca: Pemerintah Bakal Perketat PPKM Level 3 Saat Nataru, Begini Skenarionya

Baca: Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Pemerintah Susun Aturan Pembatasan untuk Libur Natal Tahun Baru

Pemerintah telah mencabut cuti bersama Hari Raya Natal yang semestinya jatuh pada Jumat, 24 Desember 2021, yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021.

Dengan demikian, hanya tersisa satu hari libur nasional di akhir tahun, yakni pada hari H perayaan Natal yang akan jatuh pada Sabtu, 25 Desember 2021.

Selanjutnya, hari libur nasional kembali ada pada peringatan tahun baru 2022, yang jatuh pada Sabtu, 1 Januari 2022.

Larangan cuti untuk anggota TNI-Polri, karyawan BUMN, dan karyawan swasta diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

"Pemerintah sejauh ini sepakat menerapkan beberapa strategi di antaranya pelarangan cuti bagi ASN,TNI-Polri, karyawan BUMN maupun swasta selama liburan akhir tahun di mana dilakukan peniadaan cuti bersama 24 Desember 2021 dan larangan pengambilan jatah cuti di akhir tahun," kata Wiku dalam konferensi pers melalui kanal YouTube BNPB, Kamis (18/11/2021).

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved