PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 15 November, DKI Jakarta Turun ke Level 1

Pemerintah kembali memeperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-4 di wilayah Jawa-Bali.


zoom-inlihat foto
PPKM-Jakarta-25.jpg
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kendaraan terjebak kemacetan di exit tol Semanggi, Tol Dalam Kota Jakarta, Senin (5/7/2021).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah kembali memeperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-4 di wilayah Jawa-Bali demi menekan kasus Covid-19.

Adapun PPKM wilayah Jawa-Bali diperpanjang mulai hari ini, Selasa 2 November 2021, hingga Senin, 15 November 2021.

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 tahun 2021 tentang PPKM Covid-19 di wilayah Jawa-Bali.

Dalam perpanjangan kali ini, DKI Jakarta berhasil turun ke PPKM level 1.

"Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 1 yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," kata Inmendagri.

Penetapan PPKM Level 1 di Jakarta disebut merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Instruksi Jokowi tersebut meminta agar pelaksanaan PPKM level 3, 2, dan 1 di wilayah Jawa dan Bali, termasuk DKI Jakarta.

"Sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen dan untuk melengkapi tingkat desa dan kelurahan," tulis Inmendagri.

Baca: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang 2 Pekan, Berikut Daftar Daerah dengan Status Level 1

Baca: PPKM Level 1-3

Uji Coba PPKM Level 1 di Kota Blitar Tunjukkan Hasil Postif

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa uji coba penerapan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur, menunjukkan hasil yang positif.

Pada 4 Oktober 2021 lalu, untuk pertama kalinya pemerintah menerapkan kebijakan PPKM Level 1 di Kota Blitar sebagai bahan uji coba untuk memasuki kehidupan new normal. Uji coba tersebut rupanya berjalan baik.

"Kota Blitar menjadi satu kota pertama yang masuk ke level 1. Dan Kota Blitar kemudian kami jadikan sebagai uji coba menuju new normal di mana sebagian besar aktivitas masyarakat dapat dilakukan mendekati kehidupan normal," kata Luhut dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/10/2021).

Luhut menerangkan bahwa uji coba penerapan PPKM Level 1 di Kota Blitar menujukkan hasil yang sangat positif.

Sejak masuk ke level 1, kata Luhut, situasi Covid-19 di Kota Blitar tetap rendah dan terkendali,

"Terkendalinya kasus didorong oleh tingkat tracing, vaksinasi, dan penggunaan Peduli Lindungi, yang terus meningkat meski sudah masuk level 1" kata Menko Marves Luhut.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar berita terkait lainnya di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved