Kasus Kabur Karantina Naik ke Penyidikan, Rachel Vennya Terancam Penjara 1 Tahun

Selebgram Rachel Vennya sudah diperiksa di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 21 Oktober 2021.


zoom-inlihat foto
Selebgram-Rachel-Vennya-22.jpg
Instagram/@rachelvennya
Selebgram Rachel Vennya.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Selebgram Rachel Vennya sudah diperiksa di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 21 Oktober 2021.

Salim Nauderer, serta manajer Rachel Vennya, Maulida Khairunnisa, turut diperiksa terkait kasus kabur dari karantina.

Mereka menjalani pemeriksaan paralel selama sembilan jam.

Khusus Rachel Vennya, penyidik Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya mencecar 35 pertanyaan.

Sedianya, Rachel Vennya bakal kembali diperiksa karena kasusnya naik ke penyidikan.

Berikut sejumlah fakta terkini dirangkum dari Kompas.com.

Naik penyidikan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan, pihak penyidik telah melakukan gelar perkara kasus tersebut pada Rabu (27/10/2021) pagi.

Gelar perkara tersebut dilaksanakan setelah penyidik menyelesaikan pemeriksaan dari Rachel Vennya, Salim Nauderer, Maulida Khairunnisa, dan saksi-saksi lainnya.

Dari hasil gelar perkara, status kasus Rachel Vennya kini telah ditingkatkan dari penyelidikan menjadi penyidikan.

"Pagi tadi sudah dilakukan gelar perkara, baru saja selesai. Saya dapat informasi, gelar perkara hasilnya adalah dari penyelidikan menjadi penyidikan," kata Yusri saat ditemui awak media di Polda Metro Jaya, Rabu (27/10/2021).

Selebgram Rachel Vennya bersama kekasihnya, Salim Nauderer dan sang manajer, Maulida Khairunia didampingi kuasa hukumnya tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (21/10/2021). Mereka bertiga hadir untuk memenuhi panggilan penyidik atas kasus kabar ketiganya kabur dari Wisma Atlet Pademangan setelah tiga hari menjalani karantina Covid-19 usai berlibur dari luar negeri. Tribunnews/Jeprima
Selebgram Rachel Vennya bersama kekasihnya, Salim Nauderer dan sang manajer, Maulida Khairunia didampingi kuasa hukumnya tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (21/10/2021). Mereka bertiga hadir untuk memenuhi panggilan penyidik atas kasus kabar ketiganya kabur dari Wisma Atlet Pademangan setelah tiga hari menjalani karantina Covid-19 usai berlibur dari luar negeri. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Dengan status kasus tersebut, penyidik kemudian menyiapkan berkas administrasi untuk pemanggilan Rachel Vennya jalani pemeriksaan lagi.

Namun, Yusri belum bisa menginformasikan kapan Rachel Vennya bakal kembali diperiksa.

"Nanti rencana tindak lanjutnya, kita akan menyiapkan administrasi secepatnya untuk memanggil lagi yang bersangkutan, kita akan lakukan pemeriksaan," ucap Yusri.

Latar belakang kasus

Kodam Jaya selaku Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Covid-19 membenarkan bahwa Rachel Vennya kabur saat karantina setelah pulang dari Amerika Serikat.

Baca: Penuhi Panggilan Polisi Terkait Pelat RFS, Rachel Vennya Datang Lebih Awal dari Jadwal Pemeriksaan

Baca: Ada Kegiatan Lain, Rachel Vennya Tak Hadiri Pemeriksaan dalam Kasus Dugaan Pelat Nomor Palsu

Kaburnya Rachel Vennya dibantu oleh dua oknum TNI berinisial FS dan IG yang bertugas di Bandara Soekarno Hatta dan Wisma Atlet.

Kedua oknum yang telah dinonaktifkan dari Kogasgabpad Covid-19 tersebut berasal dari kesatuan Komando Operasi Angkatan Udara I dan Wing 1/Paskhas.

Lantaran kasus tersebut, Rachel Vennya dijerat Pasal 93 Undang Undang RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan dan Pasal 14 Undang Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

Ia juga terancam pidana kurangan penjara satu tahun.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved