Aliansi Dosen Menolak, UNJ Tetap Ubah Aturan Demi Gelar Honoris Causa Maruf Amin dan Erick Thohir

Sebelumnya, rencana pemberian gelar doktor kehormatan dari UNJ kepada Ma’ruf Amin dan Erick Thohir mendapat penolakan dari Aliansi Dosen dan BEM UNJ.


zoom-inlihat foto
universitas-negeri-jakarta-pingpointcoid.jpg
pingpoint.co.id
Universitas Negeri Jakarta


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bakal merivisi aturan termasuk tentang pemberian gelar doktor kehormatan.

Rencana harmonisasi perubahan tersebut disampaikan pihak UNJ setelah beredarnya kabar tentang pengajuan kembali gelar doktor honoris causa untuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Salah satu upaya untuk meningkatkan dan memperbaharui good governance adalah harmonisasi regulasi UNJ, termasuk review draf pedoman pemberian gelar doktor kehormatan," demikian pernyataan Humas, dan Informasi Publik UNJ seperti dikutip dari situs resminya, Senin (18/10/2021), dikutip dari Kompas.com.

Pihak UNJ menilai peninjauan aturan dan draf soal pemberian gelar kehormatan tersebut diperlukan.

Pasalnha, dalam aturan saat ini terdapat ketentuan yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 27 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2016, Statuta UNJ, dan Peraturan Rektor tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan.

Keputusan tersebut juga telah diputuskan dalam Rapat Senat UNJ pada 14 Oktober 2021.

"Harmonisasi ini tidak dilakukan untuk memaksakan pemberian gelar doktor kehormatan kepada seseorang," tulisnya.

Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin (Dok. Setwapres)

UNJ menjelaskan, pihaknya akan menjunjung tinggi prinsip integritas, legalitas, transparansi, kepatutan, kesetaraan dalam setiap kegiatan, termasuk pemberian gelar doktor kehormatan.

UNJ juga akan selalu berupaya untuk meningkatkan dan memperbaharui semua tata kelola yang baik agar menjadi universitas yang lebih kuat dan unggul, sehingga berkontribusi pada kemajuan bangsa dan kemanusiaan.

Baca: Demi Beri Gelar Honoris Causa untuk Maruf Amin dan Erick Thohir, UNJ Disebut Akan Ubah Aturan

Baca: Aliansi Dosen UNJ Kembali Tolak Pengajuan Gelar Doktor HC Maruf Amin-Erick Thohir : Menyedihkan

Kemudian, pihak UNJ akan selalu menjunjung tinggi kebebasan akademik, kebebasan menyampaikan pikiran, serta pendapat dengan mengedepankan rasionalitas.

"Dan tanggung jawab dalam mengembangkan institusi."

Sebelumnya, rencana pemberian gelar doktor kehormatan dari UNJ kepada Ma’ruf Amin dan Erick Thohir mendapat penolakan dari Aliansi Dosen dan BEM UNJ.

Presidium Aliansi Dosen UNJ bahkan sampaimemberikan ultimatum kepada Rektor dan Ketua Senat UNJ, serta minta pembatalan gelar doktor kehormatan atau doktor honoris causa kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Kami sampaikan ultimatum ini sesungguhnya demi menjaga integritas Universitas Negeri Jakarta," ujar Ubedilah Badrun, melalui keterangan tertulis, Minggu (17/10/2021).

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)

 











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved