Aliansi Dosen UNJ Kembali Tolak Pengajuan Gelar Doktor HC Ma'ruf Amin-Erick Thohir : Menyedihkan

Seperti diketahui, pada September 2020 lalu, Aliansi Dosen UNJ juga mengungkapkan penolakan.


zoom-inlihat foto
maruf-amin-tiba-untuk-menjalani-pemeriksaan-kesehatan.jpg
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Wakil Presiden, Maruf Amin


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Aliansi Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) secara tegas menolak pengajuan kembali gelar kehormatan doktor honoris causa untuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Presidium Aliansi Dosen UNJ Ubedilah Badrun mengungkapkan, pihaknya pada Selasa (12/10/2021) mendapat informasi bahwa Senat UNJ akan mengadakan rapat penentuan pada Kamis (14/10/2021).

Seperti diketahui, pada September 2020 lalu, Aliansi Dosen UNJ juga mengungkapkan penolakan.

Rapat tersebut untuk memutuskan pengajuan kembali Ma'ruf Amin dan Erick Thohir agar mendapatkan gelar kehormatan tersebut.

"Tentu saja Aliansi Dosen UNJ kaget dan tetap konsisten menolak upaya tersebut," kata Ubedilah dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

"Upaya pemberian gelar doktor honoris causa pada pejabat tersebut sudah kami tolak pada September 2020 lalu karena berbau kepentingan pragmatis. Kini upaya pemberian gelar tersebut muncul kembali, dan kami konsisten tetap menolak," ujar dia, dikutip dari Kompas.com.

Ubedilah mengungkapkan, Aliansi Dosen UNJ menilai pemberian gelar doktor honoris causa kepada tokoh yang sedang berkuasa berpotensi mengancam otonomi perguruan tinggi dan kebebasan akademik.

Hal tersebut pun dinilai dapat merusak moral akademik universitas.

Apalagi, hal tersebut sudah diatur dalam Pedoman Penganugerahan Doktor Kehormatan UNJ tahun 2021 Bab tentang Persyaratan.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersilaturahmi dengan Wapres Ma’ruf Amin dan Ibu Wury secara daring dari Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/05/2021).
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersilaturahmi dengan Wapres Ma’ruf Amin dan Ibu Wury secara daring dari Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/05/2021). (BPMI Setwapres/Iwan)

Pada ayat 3 telah diatur bahwa penganugerahan gelar doktor honoris causa tidak diberikan kepada siapa pun yang sedang menjabat dalam pemerintahan, yang bertujuan menjaga moral akademik UNJ.

"Berbahaya jika rektor dan para profesor yang terhormat sebagai anggota senat universitas melanggar kode etik pedoman yang dibuatnya sendiri," kata dia.

"Ini menyedihkan dan bencana moralitas akademik. Melanggar aturan atau merubah aturan demi untuk kepentingan sesaat dan kepentingan pejabat," kata dia.

Baca: Dikritik dengan Julukan The King of Silent, Respon Maruf Amin Hanya Tertawa

Baca: KPK Pasang Foto Jokowi dan Maruf Amin, ICW Sebut Sebagai Upaya Pelemahan

Alasan berikutnya, usulan pemberian gelar doktor honoris causa kepada pejabat negara juga kontraproduktif terhadap upaya memulihkan nama baik institusi UNJ.

Pasalnya UNJ kerap mendapat sorotan negatif atas beberapa peristiwa yang dinilai mencederai kehormatan kampus terkait relasinya dengan sejumlah pejabat.

Kemudian, alasan pemberian gelar doktor honoris causa kepada Ma’ruf Amin atas pemikirannya tentang negara kesepakatan patut dipertanyakan.

"Selain ide tersebut tidak orisinal karena telah dikemukakan para pemikir klasik sejak abad ke-17 melalui teori kontrak sosial, dalam catatan kami Ma'ruf Amin juga memiliki catatan khusus dalam isu politik identitas di Jakarta tahun 2017 yang justru bertentangan dengan teori kontrak sosial," kata dia.

Adapun pemikiran atau karya besar Erick Thohir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi juga tidak ditemukan.

Padahal salah satu syarat pemberian gelar tersebut, harus memiliki karya luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kemanusiaan dan peradaban.

Terakhir, mekanisme pemberian gelar doktor honoris causa yang telah dimusyawarahkan sejak dari Prodi S3 yang berakreditasi A, Senat Fakultas, dan dibahas di Komisi 3 Senat Universitas, hingga diplenokan Senat Universitas juga diabaikan.

"Ini tentu membuka analisis bahwa itu usulan dari atas bukan dari Prodi S3 yang berakreditasi A," kata dia.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Ramalan Zodiak Besok Jumat 29

    Berikut ini adalah ramalan zodiakmu untuk hari esok
  • Kasus Kabur Karantina Naik ke

    Selebgram Rachel Vennya sudah diperiksa di Direktorat Kriminal
  • Vivi Novica

    Vivi Novica Lee merupakan pemain profesional PUBG Mobile
  • Ladoo

    Ladoo atau laddu (laddoo) merupakan manisan berbentuk bola
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved