Jokowi Perintahkan Bupati Merauke dan Menteri PUPR Bangunkan Rumah untuk Sejumlah Warga Suku Asmat

Presiden Jokowi memerintahkan Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membangunkan rumah untuk sejumlah warga suku Asmat.


zoom-inlihat foto
Jokowi-Bakal-Bangunkan-Rumah-untuk-sejumlah-warga-Suku-Asmat.jpg
Screenshot YouTube Sekretariat Presiden
Jokowi Bakal Bangunkan Rumah untuk sejumlah warga Suku Asmat di Merauke, Papua.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk membangunkan rumah untuk sejumlah warga suku Asmat di Merauke Papua.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi ketika ia berdialog dengan warga Asmat di sela-sela agendanya meninjau vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Merauke pada Minggu (3/10/2021).

Dalam dialog tersebut, mulanya Romanus mengatakan bahwa pemerintah daerah (Pemda) sudah berencana mencarikan tanah untuk tempat tinggal baru sejumlah warga Suku Asmat yang rumahnya tak layak.

Sebab, ada sekitar 44 kepala keluarga (KK) yang tinggal di rumah dengan kondisi kurang layak.

Adapun mereka menempati rumah yang dibangun oleh TNI Angkatan Laut (AL).

Mendengar hal tersebut, Jokowi pun langsung meminta pemda agar segera merealisasikannya.

Jokowi langsung memerintahkan Romanus untuk mencarikan tanah atau lahan untuk pembangunan rumah.

Sementara, urusan pembangunan rumah diserahkan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.

"Carikan tanah aja, nanti Pak Menteri PU yang bangun, biar jelas semuanya. Tanahnya Pak Bupati, rumahnya Pak Menteri PU, udah," kata Jokowi, seperti dikutip TribunnewsWiki dari tayangan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

"Siap, nanti direncanakan," ucap Romanus.

Baca: Gubernur Gorontalo Tak Terima Warganya Dimarahi Risma, Minta Jokowi Berikan Evaluasi

Jokowi memerintahkan Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyiapkan tanah atau lahan untuk pembangunan rumah untuk warga Suku Asmat di Merauke, Papua.
Jokowi memerintahkan Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyiapkan tanah atau lahan untuk pembangunan rumah untuk warga Suku Asmat di Merauke, Papua. (Screenshot YouTube Sekretariat Presiden)

Baca: Polisi Tangkap 11 Terduga Teroris Anggota JAD di Merauke, Diduga akan Lakukan Pengeboman Gereja

Salah satu warga Suku Asmat bernama Venansius mengungkapkan rasa gembiranya ketika permintaannya untuk dibangunkan rumah yang layak disanggupi Jokowi.

"Saya minta Bapak (Presiden), mohon rumah yang layak, air, itu saja yang saya minta. Bapak (Presiden) bilang, bapak jawab langsung 'iya, kami akan kerja sama dengan Bapak Bupati sama Bapak Pertanahan, nanti akan dibangun (rumah)'," kata Venansius.

"Saya lebih bangga, saya senang kalau Bapak (Presiden) sudah jawab begitu. Dan saya bicara sendiri sama Bapak, dan Bapak jawab," imbuhnya.

Venansius menuturkan bahwa rumah yang saat ini ditempati kondisinya kurang layak untuk ditinggali.

Selain itu, rumah tersebut masih berdiri di atas tanah milik orang lain yang dikontrakkan.

"Saya tinggal di Jalan Wari. Itu rumah yang dibangun oleh Bapak-bapak TNI AL, selama ini kondisinya kurang bagus. Jadi kami masih bisa tinggal untuk dan apa yang kita tinggal di situ itu juga tanahnya orang," ujar Venansus.

"Dengan senang hati, saya sampaikan ke Bapak Presiden, dan Bapak Presiden berkenanan hari ini bisa jawab permohononan saya. Terima kasih, Tuhan Memberkati," kata Venansus.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar Suku Asmat di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved