Penyintas Wajib Tahu, Ini Hal yang Harus Dilakukan Jika Alami Post Covid Syndrome

Gejala post covid syndrome tak jarang bisa mengganggu kehidupan sosial. Hal ini tentunya memerlukan penanganan yang tepat.


zoom-inlihat foto
Oximeter-3.jpg
insider.com
Pulse oximeter dapat mengukur berapa banyak oksigen dalam darah. Mengenal Oximeter, alat untuk mengukur saturasi oksigen bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Beberapa orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 umumnya merasakan gejala post covid syndrome.

Gejala post covid syndrome tak jarang bisa mengganggu kehidupan sosial.

Hal ini tentunya memerlukan penanganan yang tepat.

dr. Wirawan Hambali, Sp. PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, pada webinar bertajuk Kenali Post-Covid-19 Syndome oleh RSPI Group, Selasa (29/9/2021) mengatakan ada 5 tata laksana post covid syndrome.

Satgas Covid-19 kembali melakukan penelusuran atau tracing dengan swab PCR kepada warga sekitar Taman Pintar Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021). Sebelumnya satgas sudah melakukan tracing kepada 48 warga dengan hasil negatif, pihak Polsek Pulogadung juga telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga. Tracing terus ditingkatkan oleh pemerintah untuk mengetahui penyebaran Covid diantara warga dan antisipasi Covid-19 varian baru. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Satgas Covid-19 kembali melakukan penelusuran atau tracing dengan swab PCR kepada warga sekitar Taman Pintar Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021). Sebelumnya satgas sudah melakukan tracing kepada 48 warga dengan hasil negatif, pihak Polsek Pulogadung juga telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga. Tracing terus ditingkatkan oleh pemerintah untuk mengetahui penyebaran Covid diantara warga dan antisipasi Covid-19 varian baru. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Dikutip dari Kompas.com, hal yang harus dilakukan jika alami post covid syndrome adalah sebagai berikut:

1. Rahabilitas fisik

Rehabilitasi fisik harus dilakukan karena selama masa sakit, penyintas Covid-19 menghabiskan banyak waktu dengan berbaring.

Hal yang bisa dipenuhi mulai dari kondisi musculoskeletal (otot tubuh), kondisi paru-paru dan jantung.

2. Dukungan nutrisi dan diet

Nutrisi dan diet yang sedang dikonsumsi para penyintas juga harus diperhatikan mengingat dampak yang diberikan kepada tubuh.

3. Tata laksana kondisi kesehatan bawaan

Selain itu, kondisi kesehatan yang dimiliki sebelum terkena Covid-19 tentu tidak boleh dikesampingkan.

Kita harus waspada kondisi seperti darah tinggi dan diabetes yang dialami sebelum positif Covid-19.

Baca: Aturan Kerja Baru, PNS yang Sudah Divaksinasi Covid-19 Wajib WFO

Baca: Menkes Prediksi Pandemi Covid-19 Selesai 5 Tahun ke Depan : Masyarakat Harus Terbiasa

4. Tata laksana gejala dan kondisi spesifik

Tatalaksana spesifik wajib dilakukan pada pasien dengan kondisi tertentu, seperti penderita gangguan jantung atau masih ada gejala sisa pada paru-paru.

Tak sedikit pula penyintas Covid-19 yang mengalami gangguan sistem pencernaan, seperti mual serta kembung dan tentu harus ditangani.

5. Dukungan mental dan sosial

Dukungan mental dan sosial juga dibutuhkan dalam tatalaksana.

Hal ini sudah mulai ditemui di Indonesia, seperti mengirimkan paket berisi vitamin dan makanan.

Tujuannya untuk menunjukkan bahwa kawan atau keluarga juga memberikan dukungan dalam melawan gejala post covid syndrome yang dirasakan penyintas.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)

SIMAK ARTIKEL SEPUTAR COVID-19 DI SINI











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved