Pemerintah Izinkan Kegiatan Skala Besar, Konser Musik hingga Pesta Pernikahan Boleh Digelar

Pemerintah akan kembali memberikan izin bagi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan berskala besar.


zoom-inlihat foto
konser-dangdut-waket-dprd-tegal.jpg
Kompas/Tresno Setiadi
Ilustrasi Konser Musik


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah akan kembali memberikan izin bagi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan berskala besar.

Kegiatan berskala besar yang dimaksud adalah kegiatan yang melibatkan partisipan atau undangan dalam jumlah besar dan dari berbagai tempat.

Di antaranya adalah seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta, maupun acara pernikahan besar.

Izin diberikan namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Kebijakan itu dihadirkan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata

Johnny menyebut, kebijakan tersebut diambil setelah mempertimbangkan perlunya mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif tetapi juga aman dari Covid-19.

Johnny G Plate, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018). (KOMPAS.com/Devina Halim)
Johnny G Plate, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018). (KOMPAS.com/Devina Halim)

Baca: Aturan Kerja Baru, PNS yang Sudah Divaksinasi Covid-19 Wajib WFO

Baca: Menkes Prediksi Pandemi Covid-19 Selesai 5 Tahun ke Depan : Masyarakat Harus Terbiasa

"Pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan," kata Johnny dalam keterangan tertulis, Minggu (26/9/2021), seperti dikutip dari Kompas.tv.

Adapun hal tersebut, kata Johnny, merupakan salah satu upaya untuk pemulihan sektor pariwisata.

Diharapkan, dari hal tersebut, nantinya bisa menjadi mesin penggerak kegiatan ekononomi dan memberikan dampak turunan positif kepada sektor lain.

Adapun contoh kegiatan berskala besar yang sedang dijalankan saat ini adalah kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2, serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar tahun ini.

“Tentu saja penyelenggaraan kedua acara besar tersebut telah melalui diskusi berbagai pihak guna menekan risiko penularan virus,” kata Johnny.

Menurut Johnny, izin penyelenggaraan pertemuan atau kegiatan besar dapat diberikan selama kasus Covid-19 terkendali.

Setiap penyelenggaraannya juga harus didukung kesiapan yang matang serta komitmen penyelenggara dalam mengutamakan kesehatan dan keselamatan setiap orang yang terlibat.

“Karena seperti kita ketahui, di mana ada interaksi antarmanusia dalam kerumunan, maka di situ pula risiko penularan virus akan meningkat. Hal ini yang harus kita waspadai,” tambahnya.

Perlu diketahui, kini pemerintah telah menetapkan pedoman penyelenggaraan kegiatan besar.

Baca: Johnny G Plate

Sebelum kegiatan, misalnya penyelenggara wajib melakukan edukasi kesehatan bagi seluruh partisipan, menyusun pedoman pelaksanaan dengan rencana kontijensi, dan memastikan fasilitas dan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan.

Saat kegiatan, misalnya memastikan skrining kesehatan sebelum acara, memastikan alat kesehatan pendukung cukup dan mudah terakses, memastikan setiap partisipan mematuhi protokol kesehatan termasuk di luar wilayah kegiatan, serta merujuk kasus positif yang terdeteksi untuk isolasi atau perawatan.

Setelah acara, misalnya memastikan tidak ada kasus positif yang lolos untuk kembali ke daerah asal dan mengoptimalkan karantina setelah sampai asal daerah.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Badca lebih lengkap seputar berita terkiat lainnya di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved