Roemah Martha Tilaar (Museum Budaya Gombong)

Roemah Martha Tilaar atau juga bisa disebut Museum Budaya Gombong adalah sebuah museum khusus yang didirikan oleh Wulan Tilaar untuk ibunya, Martha Tilaar yang telah lama ingin ikut membangun Kota kelahirannya.


zoom-inlihat foto
Roemah-Martha-Tilaar-Museum-Budaya-Gombong.jpg
instagram @roemahmarthatilaar
Roemah Martha Tilaar atau juga bisa disebut Museum Budaya Gombong adalah sebuah museum khusus yang didirikan oleh Wulan Tilaar untuk ibunya, Martha Tilaar yang telah lama ingin ikut membangun Kota kelahirannya.

Roemah Martha Tilaar atau juga bisa disebut Museum Budaya Gombong adalah sebuah museum khusus yang didirikan oleh Wulan Tilaar untuk ibunya, Martha Tilaar yang telah lama ingin ikut membangun Kota kelahirannya.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Roemah Martha Tilaar atau juga bisa disebut Museum Budaya Gombong adalah sebuah museum khusus yang didirikan oleh Wulan Tilaar untuk ibunya, Martha Tilaar yang telah lama ingin ikut membangun Kota kelahirannya.

Museum ini diresmikan pada 6 Desember 2014 dan berada di bawah kepemilikan Martha Tilaar Group serta dikelola oleh Yayasan Warisan Budaya Gombong.

Museum yang menempati kediamaan keluarga Dr. Martha Tilaar ini awalnya merupakan kediaman keluarga besar Liem Siaw Law (Baba Solam) yang dibangun pada tahun 1920.

Keluarganya merupakan keluarga pengusaha kaya Tionghoa di wilayah Gombong.

Roemah Martha Tilaar yang berada di Kebumen ini memiliki arsitektur perpaduan gaya Belanda, Jawa dan Tionghoa.

Bentuk bangunannya seperti rumah Belanda pada umumnya namun terdapat altar leluhur serta pintu partisi di mulut koridor seperti rumah Tionghoa.

Pengunjung akan mengetahui sejarah keluarga Martha Tilaar di museum ini, terlebih galerinya sendiri menjual produk Martha Tilaar Group dan kerajinan tangan khas Indonesia, khususnya daerah Gombong.

Kegiatan yang dilaksanakan di Roemah Martha Tilaar berupa diskusi, lokalatih, festival, pertunjukan hingga pameran seni.

Adanya musuem ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan dan rekreasi serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (1)

Baca: Museum Bahari Bintan

Baca: Museum Pusaka Nias

  • Sejarah


Menurut Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia wilayah kabupaten Kebumen, Bapak R. Soenarto, nama Liem Siauw Lam (Liem Solan) adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari masyarakat Gombong.

Keluarga Liem dikenal sebagai keluarga Cina kaya di wilayah kota Gombong pada masa itu.

Sebagai seorang entrepreneur, Liem Solan (Liem Siauw Lam) memiliki bisnis yang beragam dan memiliki tanah luas yang ia gunakan sebagai tempat usaha peternakan sapi yang menyediakan susu dan daging untuk tangsi Belanda Van Der Wijk di Gombong.

Keluarga Solan memiliki rumah model Eropa dan mobil Ford model “T” yang tersohor kala itu.

Ia juga merupakan seorang pedagang kopra yang mengumpulkan kopra dari penduduk, demikian pula sarang burung walet yang terkenal di daerah itu.

Solan terkenal di daerah Pecinan, Jalan Sempor Gombong sebagai Tionghoa kaya yang baik hati dan sangat mempunyai jiwa sosial, bahkan merelakan rumahnya sebagai Pusat Palang Merah di masa perjuangan.

Dia mempunyai hubungan yang baik dengan para petani kopra dan palawija di daerah Gombong maupun Kebumen.

Istrinya ialah seorang entrepreneur yang juga menyediakan peralatan-peralatan membatik sehingga sangat membantu para perempuan pembatik di daerah Gombong pada masa itu. (2)

Baca: Old City 3D Trick Art Museum

Baca: Museum Deli Serdang

  • Kegiatan


Aktivitas yang dilakukan di Roemah Martha Tilaar mengacu pada 4 pilar Martha Tilaar Group, yakni beauty green, beauty culture, beauty education, dan empowering women.

Setiap kegiatan diadakan dengan harapan menumbuhkembangkan masyarakat Kebumen untuk berkolaborasi guna peningkatan kesadaran lingkungan, budaya, dan identitas lokal.

Kegiatan berupa pendampingan komunitas mangrove di pantai selatan, pelatihan kelompok UMKM, pelatihan bagi guru, proyek fasilitasi Kota Pusaka, program Komunitas Bening Jiwa, merupakan beberapa pemberdayaan yang digelar di Roemah Martha Tilaar.

Tak hanya berkutat di Kebumen, penyelenggaraan program-program tersebut menggaet berbagai instansi dan organisasi seperti Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Muhammadiyah, GAP Inc. California, Komunitas Pusaka Gombong, hingga Badan Pelestari Pusaka Indonesia.

Selain itu, Roemah Martha Tilaar juga menggelar festival rutin, yakni Festival Dolanan Tradisional yang dilaksanakan pada bulan April.

Mereka juga pernah menggelar Festival Imlek Cap Go Meh dan Pesta Kriya.

Beberapa program seperti Cultural Development Fellowship dan Situs Dampingan Gregeng juga kerap diselenggarakan untuk mengembangkan potensi budaya masyarakat sekitar. (3)

Baca: Museum Istiqomah Buding

Baca: Museum Zoologi Bogor

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Roemah Martha Tilaar
Nama Lain Museum Budaya Gombong
Peresmian 6 Desember 2014
Pemilik Martha Tilaar Group
Pengelola Yayasan Warisan Budaya Gombong
Alamat Jl. Sempor Lama No.28, Kedungampel, Wonokriyo, Kec. Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412


Sumber :


1. www.iheritage.id
2. id.wikipedia.org
3. koalisiseni.or.id








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved