Kemenkes Mencatat Tren Penurunan Kasus Konfirmasi dan Kematian Covid-19 dalam 3-4 Minggu Terakhir

Siti Nadia menjelaskan bahwa dalam 3 sampai 4 minggu terakhir, kasus konfirmasi Covid-19 dan kematian Covid-19 di Indonesia mengalami penurunanan


zoom-inlihat foto
Juru-Bicara-Kementerian-Kesehatan-dr-Siti-Nadia-Tarmizi.jpg
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi M Epid


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa dalam 3 sampai 4 minggu terakhir, kasus konfirmasi Covid-19 dan kematian Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan.

Hal tersebut disampaikan Siti Nadia dalam keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (8/9/2021) sore.

"Secara nasional terjadi penurunan kasus sebesar 42 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Sedangkan untuk angka kematian menurun sebesar 29 persen dibandingkan minggu sebelumnya," kata Siti Nadia, dikutip TribunnewsWiki.

Siti Nadia menjelaskan bahwa pemeriksaan laboratorium yang merupakan kombinasi antara pemeriksaan PCR dan RDT antigen mengalami peningkatan dibandingkan minggu sebelumnuya.

"Saat ini Indonesia telah mencatatkan testing grade kita adalah 3,07 orang yang dites per seribu penduduk per minggu," ujar Siti Nadia.

Baca: Satgas: Covid-19 Akan Tetap Hidup Bersamaan dengan Kita, Tidak Akan Hilang Sepenuhnya

Lebih lanjut, kata Siti Nadia, ini merupakan angka tiga kali lipat dibandingkan standar minimal WHO yaitu satu orang dites per seribu penduduk per minggunya.

Siti Nadia menerangkan bahwa positivity rate di Indonesia sudah kurang dari 10 persen.

"Ini harus terus kita turunkan dan tetap kita pertahankan dengan tetap terus memperkuat upaya-upaya 5 M dan 3 T," ujarnya.

Ia mengunakapkan, untuk postivity rate di 14 provinsi tercatat sudah kurang dari 5 persen.

Baca: Dokter Reisa: Semua Vaksin yang Disediakan Pemerintah Indonesia Aman, Bermutu, dan Berkhasiat

Siti Nadia berujar bahwa pemerintah akan terus memanatu dan mengupayakan untuk provinsi-provinsi yang lain dapat segera mencapai angka positivity rate di bawah 5 persen.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan untuk penggunaan tempat tidur rumah sakit saat ini tidak ada provinsi yang melaporkan bed occupation rate di atas 80 persen.

Siti Nadia menerangkan bahwa angka positivity rate di Indonesia sudah mencapai 6,36 persen. Meski sudah turun, Siti Mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak boleh lengah.

Sebab, kata dia, standar angka positifitas yang baik dari WHO yaitu kurang dari 5 persen. "Sudah terdapat 16 provinsi dengan positivity rate kurang dari 5 persen," ujar Siti Nadia Tarmidzi.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar berita terkait lainnya di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Kecelakaan di Tol Cipularang, Truk

    Insiden kecelakaan terjadi di KM 91 Tol Cipularang,
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved