Ayman al-Zawahiri

Ayman Mohammed Rabie al-Zawahiri merupakan seorang ulama asal Mesir sekaligus pemimpin al-Qaeda yang lahir pada 19 Juni 1951 dan menjadi buronan FBI.


zoom-inlihat foto
Ayman-Mohammed-Rabie-al-Zawahiri-Ayman-al-Zawahiri.jpg
Wikipedia
Ayman Mohammed Rabie al-Zawahiri merupakan seorang ulama asal Mesir sekaligus pemimpin al-Qaeda yang lahir pada 19 Juni 1951.

Ayman Mohammed Rabie al-Zawahiri merupakan seorang ulama asal Mesir sekaligus pemimpin al-Qaeda yang lahir pada 19 Juni 1951 dan menjadi buronan FBI.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ayman al-Zawahiri atau memiliki nama panjang Ayman Mohammed Rabie al-Zawahiri merupakan seorang ulama asal Mesir sekaligus pemimpin al-Qaeda yang lahir pada 19 Juni 1951.

Sebelumnya, Ayman merupakan "amir" kedua dan terakhir Jihad Islam Mesir, setelah mengambil alih posisi Abbud al-Zumar sebagai amir, ketika kerajaan Mesir menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada al-Zumar.

Istri beserta tiga orang anaknya terbunuh dalam serangan tentara Amerika Serikat di Afganistan pada tahun 2001, yang berkaitan dengan serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Pada 2 Mei 2011, dia diyakini merupakan pengganti Usamah bin Ladin sebagai ketua Al-Qaeda, usai Usamah tewas dibunuh oleh tentara Amerika Serikat di Abbottabad, Pakistan, pada 1 Mei 2011.

Hal ini dikonfirmasi secara resmi oleh Al-Qaeda pada tanggal 16 Juni 2011.

Sementara itu, Pemerintah Amerika Serikat masih berupaya untuk mencari keberadaan Ayman dengan menawarkan uang sebesar $25 juta bagi siapa saja yang memberikan informasi di mana ia berada. (1)

Ayman al-Zawahiri
Ayman al-Zawahiri (wikipedia)

Baca: Al Qaeda

Baca: Usamah bin Ladin (Osama bin Laden)

  • Karier


Ayman al-Zawahiri memiliki profesi dalam bidang medis yaitu sebagai ahli bedah.

Pada tahun 1985, ia pergi ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji dan tinggal disana untuk praktek kedokteran di Jeddah selama satu tahun.

Ia kemudian bergabung dengan kelompok al-Qaeda yang dipimpin Osama bin Laden dan menjadi penasihat serta dokter pribadi Osama, setelah Ayman pertama kali bertemu dengannya di Jeddah pada 1986.

Sebelumnya, pada tahun 1981, Ayman al-Zawahiri melakukan perjalanan ke Peshawar, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, di mana dia bekerja di sebuah rumah sakit Bulan Sabit Merah yang merawat pengungsi yang terluka.

Di sana, ia berteman dengan Ahmed Khadr, lalu keduanya berbagi sejumlah percakapan tentang perlunya pemerintahan Islam dan kebutuhan rakyat Afghanistan.

Pada tahun 1993, Ayman al-Zawahiri bertolak ke Amerika Serikat, di mana ia berpidato di beberapa masjid di California dengan menggunakan nama samaran Abdul Mu'iz.

Ia mengandalkan kredensial dari Bulan Sabit Merah Kuwait untuk mengumpulkan uang bagi anak-anak Afghanistan yang telah terluka oleh ranjau darat Soviet. (2)

Baca: Mesir (Egypt)

Baca: Mohamed Atta

  • Gerakan Terorisme


Selain bergabung dengan al Qaeda, Ayman juga diketahui merupakan pendiri Egyptian Islamic Jihad (EIJ), yakni organisasi yang dikenal tak segan-segan melakukan tindakan kekerasan sampai pengeboman.

Pada tahun 1996, ia dianggap sebagai teroris yang penuh ancaman bagi Amerika Serikat, bahkan pernah ditahan selama enam bulan di Rusia usai mencoba merekrut jihadis baru di Chechnya.

Setahun kemudian, Ayman dihukum atas kematian 62 turis di Mesir dan dijatuhi vonis hukuman mati.

Walaupun demikian, pada tahun 1998, EIJ yang dipimpin Ayman Al-Zawahiri akhirnya bersatu dengan Al Qaeda.

Ayman al-Zawahiri bahkan dicap sebagai teroris paling diburu oleh pihak FBI.

FBI juga mencantumkan nama-nama alias yang sering digunakan Ayman untuk menutupi keberadaannya, yakni Abu Muhammad, Abu Fatima, Muhammad Ibrahim, Abu Abdallah, Abu al-Mu'iz, The Doctor, The Teacher, Nur, Ustaz, Abu Mohammed, Abu Mohammed Nur al-Deen, Abdel Muaz, dan Dr. Ayman al Zawahiri.

Dalam deskripsi yang dipaparkan FBI, Ayman al-Zawahiri digambarkan memiliki rambut coklat atau hitam dengan warna bola mata hitam, serta mampu berbicara Prancis dengan lancar.

Ayman diduga kuat terlibat dalam pengeboman di beberapa kedutaan besar Amerika Serikat di Dar es Salaam, Tanzania, serta Nairobi, Kenya pada 7 Agustus 1998.

Organisasi yang dibentuknya juga dikabarkan mengajarkan aksi-aksi kekerasan dalam memperjuangkan ajaran Islam yang diyakininya. (3)

Baca: Federal Bureau of Investigation (FBI)

Baca: Ramzi bin al-Shibh

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Ayman al-Zawahiri
Tempat Lahir Maadi, Kaherah, Mesir
Tanggal Lahir 19 Juni 1951
Profesi Ulama, ketua al-Qaeda
Pendidikan Cairo University


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. en.wikipedia.org
3. www.liputan6.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved