Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Perjalanan, Ini Cara Menggunakannya

Pemerintah mewajibkan aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat perjalanan, masuk mal dan beberapa tempat lainnya. Berikut cara menggunakannya.


zoom-inlihat foto
aplikasi-pedulilindungi.jpg
Kominfo.go.id
PeduliLindungi adalah aplikasi buatan pemerintah yang bekerja sebagai pelacak dan pendeteksi penyebaran virus corona di daerah tertentu.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang mulai 24 Agustus 2021.

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurunkan level PPKM di beberapa daerah.

“Untuk Pulau Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota/kabupaten lainnya sudah bisa berada pada Level 3 mulai tanggal 24 Agustus 2021,” ujar Jokowi, Senin (23/8/2021).

Selain itu, sejumlah daerah di luar Jawa-Bali juga menunjukkan penurunan kasus covid-19, namun Jokowi tetap memberi peringatan kepada masyarakat untuk tetap waspada.

“Level 4 dari 11 provinsi menjadi tujuh provinsi, Level 4 dari 132 kabupaten/kota menjadi 104 kabupaten/kota; Level 3 dari 215 kabupaten/kota menjadi 234 kabupaten/kota; Level 2 dari 39 kabupaten/kota menjadi 48 kabupaten/kota,” jelasnya.

Selama perpanjangan PPKM, untuk melakukan perjalanan jarak jauh di dalam negeri (pesawat, bus, kereta api) masyarakat diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19.

Kartu vaksin Covid-19 yang ditunjukkan minimal adalah dosis pertama.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan aplikasi PeduliLindungi sebagai salah satu syarat perjalanan semua mode transportasi selama pandemi Covid-19.

Dikutip dari Kompas.com, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berujar, penerapan aplikasi PeduliLindungi di seluruh moda transportasi akan dilaksanakan secara serentak mulai Sabtu, 28 Agustus 2021.

Menurutnya, transportasi merupakan salah satu sektor penting untuk mengatur mobilitas di masa pandemi, sehingga simpul-simpul transportasi seperti terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara menjadi bagian dari filter yang dilakukan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Tidak hanya menjadi syarat perjalanan seluruh mode transportasi, sertifikat vaksin Covid-19 kini menjadi syarat masuk ke pusat perbelanjaan dan beberapa tempat lainnya.

Baca: Kartu Prakerja Gelombang 19 Masih Dibuka, Berikut Cara Mendaftarnya

Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi?

Membuat Akun PeduliLindungi

- Unduh dan install aplikasi PeduliLindungi lewat Play Store atau App store terlebih dahulu

- Buka aplikasi dan berikan izin akses lokasi, penyimpanan, dan kamera

- Buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, dan nomor KTP (NIK).

Jika sudah memiliki akun, Anda hanya perlu login dengan nomor handphone yang telah didaftarkan dan masukkan kode OTP untuk verifikasi. Kode OTP dikirim lewat SMS ke nomor handphone yang didaftarkan.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

1. Apabila Anda sudah memiliki akun, login dengan nomor handphone yang telah didaftarkan

2. Masukkan kode OTP untuk verifikasi. Kode OTP dikirim lewat SMS ke nomor handphone yang didaftarkan





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved