The Great Wall of China

The Great Wall of China adalah bangunan tembok terpanjang di dunia yang diciptakan oleh manusia, berlokasi di China.


zoom-inlihat foto
great-wall.jpg
www.vizts.com
The Great Wall of China

The Great Wall of China adalah bangunan tembok terpanjang di dunia yang diciptakan oleh manusia, berlokasi di China.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Tembok Besar China adalah benteng kuno yang memiliki panjang lebih dari 20 ribu kilometer yang menjadikannya sebagai tembok terpanjang di dunia.

Terletak di China Utara, Tembok Besar China menjadi simbol yang paling dikenal dari China dan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang ditetapkan pada tahun 1987. (1)

Meskipun Tembok Besar tidak pernah secara efektif mencegah penjajah memasuki China, namun tembok tersebut berfungsi sebagai simbol kekuatan abadi peradaban China.

Tembok raksasa china
Tembok Raksasa China

  • Sejarah


Tembok Besar China awalnya dibangun oleh Kaisar Qin Shi Huang pada abad 3 SM,  dibangun sebagai cara mencegah serangan dari masyarakat nomaden yang biadab.

Baca: Jong Minahasa

Bagian Tembok Besar yang paling terkenal dan paling terpelihara dibangun pada abad ke-14 hingga 17 M, yaitu di bawah pemerintahan Dinasti Ming. (2)

Dibuat dengan sebagian besar tanah dan batu, tembok itu membentang dari pelabuhan Laut Shanhaiguan di Laut Cina sepanjang lebih dari 4,8 kilometer ke arah barat, yakni Provinsi Gansu. 

Seiring kematian Qin Shi Huang dan jatuhnya Dinasti Qin, banyak bagian Tembok Besar China yang rusak.

Setelah jatuhnya Dinasti Han kemudian, serangkaian dari bangsa lain di perbatasan merebut kendali di China Utara.

Yang paling kuat adalah Dinasti Wei Utara, yang memperbaiki dan memperluas tembok untuk mempertahankan diri dari serangan dari bangsa-bangsa di perbatasan.

Baca: Menara Miring Pisa

Kerajaan Bei Qi (550-577) membangun dan memperbaiki lebih dari 1.448 kilometer tembok.

Sementara, Dinasti Sui yang berumur pendek (581–618) memperbaiki dan memperpanjang Tembok Besar beberapa kali.

Dengan jatuhnya Sui dan kebangkitan Dinasti Tang, Tembok Besar kehilangan perannya sebagai benteng.

Hal tersebut dikarenakan China mengalahkan Bangsa Tujue di utara dan memperluas kekuasaan ke perbatasan asli yang telah dilindungi tembok.

Selama Dinasti Song, China dipaksa menarik diri di bawah ancaman dari orang-orang Liao dan Jin ke utara, yang mengambil alih banyak daerah di kedua sisi Tembok Besar.

Dinasti Yuan (Mongol) yang kuat (1206-1368), didirikan oleh Jenghis Khan, akhirnya menguasai seluruh China serta sebagian Asia dan sebagian Eropa.

Baca: Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan

Meski Tembok Besar tidak begitu penting bagi bangsa Mongol sebagai benteng militer, bala tentara tetap ditugaskan melindungi tembok itu.

Tembok tersebut digunakan untuk melindungi para pedagang yang bepergian di sepanjang rute perdagangan Jalur Sutra.

Bentuk Tembok Besar seperti yang dikenal saat ini dimulai dibangun sekitar tahun 1474.

Setelah fase awal ekspansi teritorial, penguasa Ming mengambil sikap defensif dan reformasi dengan perluasan Tembok Besar.

Tembok Besar oleh Ming membentang dari Sungai Yalu di Provinsi Liaoning ke tepi timur Sungai Taolai di Provinsi Gansu, dan meliuk-liuk dari timur ke barat melalui Liaoning, Hebei, Tianjin, Beijing, Mongolia Dalam, Shanxi, Ningxia dan Gansu.

Selama bertahun-tahun, banyak jalan yang dipotong untuk dilalui dinding di berbagai titik dan banyak bagian tembok yang semakin memburuk setelah berabad-abad diabaikan.

Baca: Museum Pusat TNI AD (Dharma Wiratama)

Bagian paling terkenal dari Tembok Besar China yang kerap dikunjungi turis adalah area Badaling, terletak 70 kilometer di barat laut Beijing, yang mana sempat dibangun kembali pada akhir 1950-an.

  • Kondisi


Banyak lokasi lain tembok itu yang rusak, bagian dinding juga rentan terhadap graffiti dan vandalisme, sementara batu bata bertulisan dicuri dan dijual di pasar.

Baca: Candi Borobudur

Sebuah laporan tahun 2012 oleh Administrasi Warisan Budaya Nasional menyatakan bahwa 22 persen dari Tembok Besar Ming telah menghilang, sementara tembok sepanjang 1.961 km (1.219 mi) telah lenyap.

Lebih dari 60 km tembok di provinsi Gansu mungkin akan hilang dalam 20 tahun ke depan, karena erosi dari badai pasir .

Di beberapa tempat, ketinggian dinding telah dikurangi dari lebih dari 5 m (16 kaki 5 inci) menjadi kurang dari 2 m (6 kaki 7 inci).

Berbagai menara pengintai persegi yang mencirikan gambar tembok yang paling terkenal telah menghilang.

Pada tahun 2014 sebagian tembok di dekat perbatasan provinsi Liaoning dan Hebei diperbaiki dengan beton, namun banyak yang mengkritik.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



Alamat Huairou Distrik
Lokasi Tiongkok
Google Map Huairou District, Tiongkok
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved