PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 16 Agustus 2021, Simak Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal

PPKM level 4 resmi diperpanjang mulai 10-16 Agustus 2021. Berikut syarat naik kereta api jarak jauh, jarak dekat/lokal, komuter dan aglomerasi.


zoom-inlihat foto
kereta-api-indonesia.jpg
ISTIMEWA via TribunKaltim
Ilustrasi kereta Api Indonesia


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 resmi diperpanjang mulai tanggal 10 hingga 16 Agustus 2021.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melalui konferensi pers live streaming akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

Luhut menjelaskan perpanjangan PPKM level 4 dilatarbelakangi oleh hasil evaluasi dari penerapan PPKM sebelumnya, yakni menurunnya kasus Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali sebanyak 59,6 persen.

"Atas arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, maka PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021," ujar Luhut.

Baca: PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 16 Agustus, Luhut Binsar: Ini Pekerjaan yang Tak Mudah

Perpanjangan PPKM level 4 tidak hanya berdampak pada ekonomi, tetapi juga memberikan dampak terhadap kegiatan perjalanan.

Terkait perpanjangan PPKM level 4, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerbitkan syarat naik kereta api terbaru untuk KA jarak jauh, jarak dekat/lokal, komuter dan aglomerasi.

Syarat ini mengacu kepada Surat Edaran SE Kemenhub No. 58 Tahun 2021.

Berikut syarat naik kereta api, sebagaimana dikutip dari akun Twitter @KAI212

1. Kereta Api Jarak Jauh

- Penumpang wajib menunjukkan surat hasil negatif Rapid Test Antigen yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau RT-PCR yang berlaku 2x24 jam sebelum keberangakatan kereta api

- Selain itu, penumpang wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama

- Tes GeNose C19 tidak diberlakukan

- Penumpang berusia di bawah 5 (lima) tahun, tidak diwajibkan untuk Rapid Test Antigen atau tes RT-PCR. Bagi penumpang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun tidak diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19.

- Penumpang dengan kepentingan khusus yang belum/tidak vaksin dengan alasan medis, berdasarkan keterangan dari dokter spesialis, dapat menggunakan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Antigen.

- Untuk sementara, penumpang berusia di bawah 12 (dua belas) tahun) dibatasi.

Syarat naik kereta api
Syarat naik kereta api jarak jauh maupun lokal, komuter, dan aglomerasi.

Baca: Jadi Syarat Masuk Mal, Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19

2. Kereta Api Jarak Dekat/Lokal, Komuter dan Aglomerasi

- Hanya berlaku bagi perjalanan untuk perkantoran sektor esensial dan kritikal, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan terkait.

- Wajib menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat keterangan lainnya, yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat; dan atau

- Surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat, minimal eselon 2 (untuk pemerintahan) dan berstempel/cap basah atau tanda tangan elektronik.

(Tribunnewswiki.com/Falza)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved