Ini Alasan Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021

Alasan Jokowi melanjutkan kebijakan ini lantaran PPKM Level 4 membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan dengan sebelumnya.


zoom-inlihat foto
presiden-jokowi-instagram-16-april-2021.jpg
Instagram/Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, mulai 3 Agustus 2021 hingga 9 Agustus 2021.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melanjutkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Kebijakan itu diperpanjang di sejumlah wilayah kabupaten/kota tertentu, terhitung mulai 3 Agustus 2021 hingga 9 Agustus 2021.

Keputusan memperpanjang PPKM Level 4 ini disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (2/8/2021) malam.

Adapun alasan Presiden Jokowi memutuskan untuk memperpanjang kebijakan tersebut lantaran PPKM Level 4 yang mulai diterapkan pada 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021 membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan dengan sebelumnya.

Jokowi menyebut PPKM Level 4 membawa perbaikan dalam berbagai aspek, mulai dari kasus harian positif Covid-19, kasus aktif, tingkat kesembuhan, hingga bed occupancy Ratio (BOR) RS Covid-19.

"PPKM Level 4 yang diberlakukan tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus kemarin telah membawa perbaikan di skala nasional dibanding sebelumnya. Baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR," kata Jokowi, dikutip TribunnewsWiki.com.

“Oleh karena itu dengan mempertimbangkan beberapa indikator kasus pada minggu ini pemerintah memutuskan untuk melanjutkan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah,” papar Jokowi.

Baca: PPKM Level 4

Presiden Joko Widodo bagikan Banpres Produktif Usaha Mikro Tahun 2021, Halaman Istana Merdeka, pada Jumat (30/7/2021)
Presiden Joko Widodo bagikan Banpres Produktif Usaha Mikro Tahun 2021, Halaman Istana Merdeka, pada Jumat (30/7/2021) (YouTube/Sekretariat Presiden)

Baca: PPKM Level 4 Non Jawa-Bali

Sementara itu, selama kebijakan PPKM Level 4 berlaku, Jokowi memastikan bahwa pemerintah akan terus menggulirkan bantuan sosial (bansos).

"Untuk mengurangi beban masyarakat akibat berbagai pembatasan mobilitas dan aktivitas sosial ekonomi, pemerintah tetap mendorong percepatan dalam penyaluran bantuan sosial, bansos, untuk masyarakat," ujar Jokowi.

Adapun berbagai bansos yang akan disalurkan pemerintah yakni program keluarga harapan (PKH), bantuan sosial tunai (BST), dan bantuan langsung tunai (BLT) Desa.

Kemudian ada juga bantuan untuk usaha mikro kecil seperti PKL dan warung, bantuan subsidi upah, dan program bantuan presiden (banpres) produktif usaha mikro yang sudah mulai digulirkan pada 30 Juli 2021 lalu.

Seperti yang diketahui, dalam upaya menekan lonjakan kasus Covid-19, Presiden Jokowi memutuskan PPKM Level 4 tetap berlaku pada 22 Juli-2 Agustus 2021.

Kebijakan tersebut adalah lanjutan dari PPKM Darurat yang berlaku pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Selama kebijakan PPKM Level 4 diberlakukan, pemerintah telah memberikan sejumlah pelonggaran.

Satu contoh yakni warung makan yang berada di tempat terbuka boleh menerima pengunjung yang makan-minum di tempat, namun waktu untuk makan dibatasi maksimal 20 menit.

Baca: Ir H Joko Widodo (Jokowi)

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar PPKM Level 4 di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved