Gula Kastor

Gula kastor adalah istilah untuk gula pasir yang sangat halus. Jenis gula ini sering digunakan oleh para pembuat roti atau juru masak untuk membuat meringue, custard, permen, mousse dan sebagainya.


zoom-inlihat foto
gula-kastor2.jpg
SHUTTERSTOCK/INGRIDHS
Ilustrasi gula kastor

Gula kastor adalah istilah untuk gula pasir yang sangat halus. Jenis gula ini sering digunakan oleh para pembuat roti atau juru masak untuk membuat meringue, custard, permen, mousse dan sebagainya.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Gula kastor adalah istilah untuk gula pasir yang sangat halus. Jenis gula ini sering digunakan oleh para pembuat roti atau juru masak untuk membuat meringue, custard, permen, mousse dan sebagainya.

Gula kastor juga dikenal sebagai “gula halus” yang dapat digunakan pada adonan yang dikocok ataupun sebagai taburan buah segar.

Meskipun gula kastor lebih halus daripada gula pasir, tetapi gula kastor tetap memiliki sedikit tekstur butiran gula pasir, tidak seperti gula halus bubuk.

Konsistensi gula kastor berada di tengah-tengah antara gula pasir dan gula bubuk.

Ada dua jenis gula kastor, yaitu varietas biasa (berwarna putih) dan emas (berwarna kecoklatan).

Jenis gula kastor emas dibuat dari tebu atau bit yang tidak dimurnikan dan selama pemrosesan mempertahankan beberapa tetes tebu (molase), yang memberi warna coklat muda dan sedikit karamel, serta rasa mentega. (1)

Gula Kastor
Ilustrasi jenis gula kastor varietas biasa (berwarna putih) dan emas (berwarna kecoklatan).

Baca: Gula Aren

  • Penggunaan Gula Kastor dalam Makanan #


Karena tekstur gula kastor lebih ringan daripada gula pasir, gula kastor sangat cocok untuk membuat meringue, souffle, dan mousse, serta untuk mempermanis krim kocok (whipped cream).

Butiran gula kastor yang halus dapat lebih mudah dan lebih cepat larut dalam putih telur dan campuran krim.

Gula kastor juga dapat menambah volume pada cookie (kue kering) dan cake, tambahan untuk sorbet, sebagai taburan di atas buah-buahan dan untuk campuran minuman dingin karena sifatnya yang mudah larut.

Meskipun gula kastor juga termasuk gula halus, gula ini tidak disarankan digunakan pada frosting, icing, atau buttercream.

Frosting, icing dan buttercream adalah adonan krim halus yang digunakan sebagai hiasan.

Butiran gula kastor tidak cukup halus untuk ditambahkan ke dalam krim hiasan tersebut.

Jika gula kastor dipakai untuk krim hiasan tersebut, hasil adonan krim nantinya akan berpasir yang kurang cocok dipakai sebagai hiasan. (1)

Baca: Murbei (Mulberry)

  • Perbedaan #


Terdapat perbedaan antara gula kastor dengan gula pasir dan gula bubuk.

Gula pasir terbuat dari tebu yang mengalami proses kristalisasi sehingga berbentuk kristal-kristal. Teksturnya juga lebih besar dibandingkan dengan gula halus atau gula kastor.

Sementara itu, Gula halus memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan gula kastor.

Tekstur halusnya mirip dengan tepung hingga cocok untuk membuat kue karena mudah sekali larut dalam adonan.

Gula halus didapatkan dengan cara menghaluskan gula pasir dengan tambahan pati jagung.

Dengan tambahan itu, tidak heran jika gula halus memiliki tekstur yang super lembut. Bahkan rasanya ada sensasi dingin saat memakan gula ini.

Berdasarkan tekstur bisa diurutkan dari partikel yang besar yaitu gula pasir, tekstur sedang adalah gula kastor dan gula halus dengan testur halus seperti tepung.

Walaupun semuanya bisa digunakan untuk memasak atau membuat kue tapi hanya gula halus yang baik untuk membuat icing. Rasanya juga terdapat sensasi dingin pada gula halus. (2)

Baca: Muffin

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Anindya)



Nama Gula Kastor
Jenis Varietas Biasa (Berwarna Putih) dan Emas (Berwarna Kecoklatan)
Kegunaan Taburan Buah, Meringue, Custard, Permen, Mousse, dll
   


Sumber :


1. kompas.com
2. dailysia.com


Ikuti kami di

ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved