Anggota DPR yang Positif Covid Dapat Fasilitas Isolasi Mandiri di Hotel, Biaya Ditanggung Pemerintah

Alasan pemberian fasilitas ini lantaran anggota DPR yang isolasi di rumah sering mendapat keluhan dari para tetangganya.


zoom-inlihat foto
mpr-idadnf.jpg
Tribunnews
Sidang paripurna MPR RI periode 2019 - 2014 resmi dibuka pada Rabu (2/10/2019).


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Anggota DPR yang terpapar covid-19 mendapatkan fasilitas isolasi mandiri di hotel.

Fasilitas ini diketahui dari surat nomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 yang diteken oleh Sekretaris Jenderal Indra Iskandar pada Senin (26/7/2021).

"Bersama ini kami sampaikan dengan hormat, bahwa Sekretariat Jenderal DPR RI bekerja sama dengan beberapa hotel, menyediakan fasilitas karantina/isolasi mandiri bagi anggota DPR RI yang terkonfirmasi positif Covid-19 baik yang tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan dengan isolasi mandiri di hotel," demikian petikan bunyi surat tersebut yang telah dikonfirmasi oleh Indra.

Dua hotel tersebut adalah Ibis Budget Grogol Petamburan, Jakarta Barat, dan Hotel Oasis Atrium Senen, Jakarta Pusat.

"Jadi itu hotel yang kerja sama dengan kami itu di Ibis Grogol dan Oasis di Atrium Senen, kita sudah lakukan MoU tapi tentu kami berdoa ya tidak pernah digunakan tentunya, ini kan untuk prepare saja sebetulnya," kata Indra dikutip dari Kompas.com

Baca: Wasekjen PAN Usul Buat RS Khusus Pejabat, Rosaline Irene Rumaseuw: ‘Harus Diistimewakan’

Baca: Sosok Rosaline Irene Rumaseuw, Wasekjen PAN yang Minta Pemerintah Buatkan RS Khusus Pejabat

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, usai memimpin rakor bersama Sekjen MPR RI dan Sesjen DPD RI beserta jajarannya, di Gedung DPR RI, Selasa (21/4/2020).
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, usai memimpin rakor bersama Sekjen MPR RI dan Sesjen DPD RI beserta jajarannya, di Gedung DPR RI, Selasa (21/4/2020). (DOK. DPR RI)

Indra menjelaskan, fasilitas hotel untuk isolasi mandiri para anggota dewan ini disiapkan mengingat tinginya aktivitas para wakil rakyat di daerah pemelihan maupun kegiatan politik masing-masing yang berpotensi terpapar covid-19.

Sekjen DPR ini mengungkap jika fasilitas tersebut akan menggunakan anggaran penanganan covid-19 DPR.

Menurut dia, anggaran itu bersifat kontigensi, yang tidak disiapkan secara khusus tetapi sewaktu-waktu dapat digunakan.

"Anggaran semacam ini sifatnya kontigensi, tidak diprogramkan atau dianggarkan secara khusus tapi kalau just in case ada anggota atau ada pegawai yang positif dan dia harus lakukan isolasi mandiri, kita akan revisi,"

Baca: Olimpiade Tokyo 2020, Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra Bisa Bertemu di Final

Baca: Pendaftar CPNS 2021 Capai 4 Juta Orang, Simak Jadwal dan Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi

Ilustrasi kamar hotel
Ilustrasi kamar hotel (agoda.com)

Anggota DPR memang dapat melakukan isolasi di rumah jabatan mereka.

Tetapi hal tersebut sering menimbulkan keluhan dari tetangga.

"Tetangga-tetangganya banyak yang complain karena ada anak-anak kecil mereka yang takut keluar rumah sekarang karena mengkhawatirkan airborne dan macam-macam lah gitu ya akibat penularan pandemi ini," ujar Indra.

Indra mengeklaim, fasilitas tersebut sudah sesuai dengan surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-369/PB/2020 dan S-308/PB/2020.

"Ada salah satu poinnya menyebutkan dalam hal tidak tersedia mess atau asrama atau wisma, kementerian/lembaga atau satker dapat menggunakan penginapan atau sejenisnya dengan mempertimbangkan efisiensi dan ketersediaan dana dan tenaga," kata dia.

Baca: Mulai 26 Juli 2021, PPKM Kabupaten Sragen Naik Menjadi Level 4

Baca: Anggota DPRD Pangkep Nekat Pagari Akses Jalan ke Rumah Tahfiz di Makassar

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar saat konpers kepada awak media di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Jumat (25/6/2021).
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar saat konpers kepada awak media di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Jumat (25/6/2021). (dok.dpr.ri)

Selain untuk anggota DPR, fasilitas tersebut juga dapat diakses oleh aparatur sipil negara dan tenaga ahli di lingkungan DPR dengan biaya ditanggung negara.

"Tapi tidak dengan keluarga ya yang ditanggung," kata Indra.

Indra berharap, dengan adanya fasilitas itu, maka orang-orang yang bekerja di lingkungan DPR dapat menjalani isolasi mandiri dengan baik.

"Pertama terkontrol. Kedua, kita ingin ada perhatian lah mereka yang positif ini ada perhatian visit dokternya, ada vitaminnya," ujar Indra.

(Tribunnewswiki.com/Saradita, Kompas.com/Ardito Ramadhan)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved