Kabupaten Gresik

Kabupaten Gresik memiliki luas sekitar 1.191,25 km². Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas Laut Jawa.


zoom-inlihat foto
Pantai-Delegan-1.jpg
Instagram/gresiktourism
Pantai Delegan, Gresik Jawa Timur

Kabupaten Gresik memiliki luas sekitar 1.191,25 km². Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas Laut Jawa.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kabupaten Gresik adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Gresik memiliki luas sekitar 1.191,25 km⊃2;. Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas Laut Jawa.

Pada tahun 2020, penduduk kabupaten Gresik berjumlah 1.311.215 jiwa dengan kepadatan 1.098 jiwa/km2

Baca: Kabupaten Bangkalan

  • Sejarah #


Kota Gresik terkenal sebagai kota wali, hal ini ditandai dengan penggalian sejarah yang berkenaan dengan peranan dan keberadaan para wali yang makamnya di Kabupaten Gresik yaitu, Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Di samping itu, Kota Gresik juga bisa disebut dengan Kota Santri, karena keberadaan pondok-pondok pesantren dan sekolah yang bernuansa Islami, yaitu Madrasah Ibtida’iyah, Tsanawiyah, dan Aliyah hingga Perguruan Tinggi yang cukup banyak di kota ini.

Hasil Kerajinan yang bernuansa Islam juga dihasilkan oleh masyarakat Kota Gresik, misalnya kopyah, sarung, mukenah, sorban dan lain-lain.

Semula kabupaten ini bernama Kabupaten Surabaya. Memasuki dilaksanakannya PP Nomer 38 Tahun 1974.

Seluruh kegiatan pemerintahan mulai berangsur-angsur dipindahkan ke gresik dan namanya kemudian berganti dengan Kabupaten Daerah Tingkat II Gresik dengan pusat kegiatan di Kota Gresik.

Pintu masuk kawasan Makam Siti Fatimah Binti Maimun, Gresik, Jawa Timur
Pintu masuk kawasan Makam Siti Fatimah Binti Maimun, Gresik, Jawa Timur (disparbud.gresikkab.go.id)

Kabupaten Gresik yang merupakan sub wilayah pengembangan bagian (SWPB) tidak terlepas dari kegiatan sub wilayah pengembangan Gerbang Kertasusila(Gresik, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan).

Termasuk salah satu bagian dari 9 sub wilayah pengembangan jawa timur yang kegiatannya diarahkan pada sektor pertanian, industri, perdagangan, maritime, pendidikan dan industri wisata.

Dengan ditetapkannya Gresik sebagai bagian salah satu wilaya pengembangan Grebangkertosusila dan juga sabagai wilayah industri, maka kota gresik menjadi lebih terkenal dan termashur, tidak saja di persada nusantara tetapi juga ke seluruh dunia yang ditandai dengan munculnya industri multi modern yang patut dibanggakan bangsa Indonesia.

Baca: Kabupaten Mojokerto

  • Geografi #


Lokasi Kabupaten Gresik terletak di sebelah Barat Laut Kota Surabaya yang merupakan Ibukota Propinsi Jawa Timur dengan luas wilayah 1.191,25 km2 yang terbagi dalam 18 kecamatan, 330 desa, dan 26 kelurahan.

Secara geografis wilayah Kabupaten Gresik terletak antara 112° sampai 113° Bujur Timur dan 7° sampai 8° Lintang Selatan serta merupakan dataran rendah dengan ketinggian 2 sampai 12 meter di atas permukaan air laut, kecuali Kecamatan Panceng yang mempunyai ketinggian 25 meter di atas permukaan air laut.

Telaga Ngipik, Gresik, Jawa Timur
Telaga Ngipik, Gresik, Jawa Timur (jejakpiknik.com)

Sebagian wilayah Kabupaten Gresik merupakan daerah pesisir pantai, yaitu memanjang mulai dari Kecamatan Kebomas, Gresik, Manyar, Bungah, Sidayu, Ujungpangkah, dan Panceng serta Kecamatan Sangkapura dan Tambak yang lokasinya berada di Pulau Bawean.

Wilayah Kabupaten Gresik sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timur berbatasan dengan Selat Madura dan Kota Surabaya, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto, serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Lamongan.

Baca: Kabupaten Bondowoso

  • Demografi #


Penduduk Kabupaten Gresik berda­ sarkan proyeksi penduduk tahun 2019  sebanyak 1.312.881 jiwa yang terdiri atas  650.973  jiwa penduduk laki-laki dan 661.908 jiwa penduduk perempuan.

Sedangkan menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik mencatat penduduk Kabupaten Gresik pada tahun 2019 sebanyak 1.298.184 jiwa yang terdiri atas 652.982 penduduk  laki-laki dan 645.202 penduduk perempuan.

Kepadatan penduduk diKabupaten Gresik tahun 2019 mencapai 1.089 jiwa/km2 dengan rata-rata jumlah penduduk per rumah tangga 3-4 orang.

Kepadatan Penduduk di 18 kecamatan cukup beragam dengan kepadatan penduduk tertinggi berada di kecamatan Gresik dengan kepadatan sebesar 14.882 jiwa/km2 dan terendah di Kecamatan Tambak sebesar 413 jiwa/km2.

Sementara itu jumlah keluarga pada tahun 2019 sebanyak 389.072 keluarga.

Baca: Kabupaten Jombang

  • Wisata #


Pulau Bawean

Pulau Bawean merupakan salah satu Pulau yang ada di Kabupaten Gresik. Diantara tujuan wisata Bawean adalah: Noko Gili, Pantai Bayangkara, Pantai Tanjunggaang, Pulau China, Pantai Selayar, Danau Kastoba, dll.

Pantai Delegan

Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng dari Kecamatan Gresik berjarak sekitar 40 km, setelah dari Sidayu dan melewati Hutan Jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Delegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi.

Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari. Pantai Delegan dibuka untuk umum sejak tahun 2003.

Muara Bengawan Solo

Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa. Muara Bengawan Solo merupakan kawasan yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Untuk mencapai ke lokasi tersebut dari Kecamatan Gresik melewati jalur pantura.

Setelah jembatan sungai Bengawan Solo tepatnya di Pertigaan Bungah belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, sekitar 1 km disisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan Perumahan Pondok Bunga Indah. Lalu masuk gang lurus sampai pertigaan kemudian ke arah kiri sampai terlihat Bukit Jamur ini.

Banyu Biru Lowayu

Banyu Biru Lowayu terletak di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun. Danau ini cukup menarik banyak minat para pengunjung, meski jauh dari pengunungan tetapi kandungan belerang di Banyu Biru cukup lumayan, kondisi airnya yang hangat ketika pagi dipercaya masyarakat sekitar untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)



Informasi
Kabupaten Kabupaten Gresik
Provinsi Jawa Timur
Luas 1.193,76 km2
Maps https://goo.gl/maps/CumNdQLwxcEgbqUq8




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved