Kabupaten Jombang

Kabupaten Jombang adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur.


zoom-inlihat foto
Wisata-Bukit-Pinus-Carangwulung-Wonosalam-Jombang.jpg
Tribunnews.com
Wisata Bukit Pinus Carangwulung Wonosalam, Jombang

Kabupaten Jombang adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kabupaten Jombang adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur.

Pusat pemerintahan Kabupaten Jombang terletak di tengah-tengah wilayah kabupaten, memiliki ketinggian 44 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 79 km dari barat daya Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Luas wilayah kabupaten Jombang yakni 1.159,50 km⊃2;

Baca: Kabupaten Majalengka

  • Geografi


Kabupaten Jombang terletak di perlintasan jalur selatan jaringan jalan Jakarta – Surabaya. Luas wilayah Kabupaten Jombang 1.159,50 Km2, terdiri dari 21 Kecamatan dan 307 desa.

Wilayah Kabupaten Jombang sebagian besar berada pada ketinggian kurang dari 350 mdpl, dan sebagian kecil dengan ketinggian ≥1000 mdpl yaitu wilayah yang berada di Kecamatan Wonosalam.

Letak geografis Kabupaten Jombang terletak antara 112°03'45" dan 112°27'21" Bujur Timur dan 7°24'01" – 7°45'01" Lintang Selatan.

Baca: Kabupaten Bandung Barat

  • Sejarah


Jombang termasuk Kabupaten yang masih muda usia.

Jombang memisahkan diri dari gabungannya dengan Kabupaten Mojokerto yang berada di bawah pemerintahan Bupati Raden Adipati Ario Kromodjojo, yang ditandai dengan tampilnya pejabat yang pertama mulai tahun 1910 sampai dengan tahun 1930 yaitu : Raden Adipati Ario Soerjo Adiningrat.

Gua Sigolo-golo
Gua Sigolo-golo

Menurut sejarah lama, konon dalam cerita rakyat mengatakan bahwa salah satu desa yaitu desa Tunggorono, merupakan gapura keraton Majapahit bagian Barat, sedang letak gapura sebelah selatan di desa Ngrimbi, dimana sampai sekarang masih berdiri candinya.

Cerita rakyat ini dikuatkan dengan banyaknya nama-nama desa dengan awalan "Mojo" (Mojoagung, Mojotrisno, Mojolegi, Mojowangi, Mojowarno, Mojojejer, Mojodanu dan masih banyak lagi).

Baca: Kabupaten Ciamis

  • Demografi


Penduduk Kabupaten Jombang pada tahun 2019 berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia hasil pergerakan proyeksi sensus penduduk tahun 2010 (SP 2010) berjumlah 1.263.814 jiwa, terdiri atas 631.907 jiwa (50% ) penduduk laki-laki dan 631.907 jiwa (50%) penduduk perempuan.

Secara administratif hasil pencatatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 

Kabupaten Jombang tahun 2019 berjumlah 1.376.341 jiwa, terdiri atas 692.940 

jiwa (50,35%) penduduk laki-laki dan 683.401 jiwa (49,65%) penduduk perempuan. 

Penduduk dengan jenis kelamin laki-laki pada tahun 2019 lebih banyak jika dibandingkan dengan penduduk berjenis kelamin perempuan dengan nilai perbandingan jenis kelamin (Sex Rasio) sebesar 101,39 yang berarti bahwa setiap ada 10.000 penduduk berjenis kelamin perempuan di Kabupaten Jombang terdapat 10.139 penduduk berjenis kelamin laki-laki. 

Dalam kurun waktu satu tahun jumlah penduduk Kabupaten Jombang secara administrasi kependudukan bertambah sebanyak 22.029 jiwa jika dibandingkan dengan penduduk pada tahun 2018 yang berjumlah 1.354.958 jiwa. 

Baca: Kabupaten Pangandaran

  • Wisata


Kabupaten Jombang memiliki berbagai keindahan alam, dan potensi pariwisata lain yang menarik.

Di Jombang memiliki beberapa tempat pariwisata yang menarik, yaitu Pemandian Sumberboto di Mojowarno, Candi Arimbi di Bareng, Sendang Made di Kudu, Kedung Cinet di Plandaan, Kedung Sewu serta Desa Manduro yang berpenduduk asli Madura di Kabuh, perkebunan teh, cengkih, dan durian di Wonosalam serta air terjun Tretes di Wonosalam.

Dan juga arung jeram (Rafting) di desa Panglungan, Wonosalam.

Selain itu juga terdapat wisata religi yaitu makam Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid), KH. Wahid Hasyim dan KH. Hasyim Asyari di Tebuireng, Diwek, serta bangunan gereja tertua di Jawa Timur yaitu GKJW Mojowarno.

Selain itu terdapat wisata buatan, salah satunya yaitu Tirta Wisata yang terletak di wilayah Peterongan.[25] Selain itu ada pula wisata untuk keluarga yaitu Kebon Rojo dan Kebon Ratu yang sudah diremajakan.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)



Informasi
Kabupaten Jombang
Provinsi Jawa Timur
Luas 1.159,50 km2
Maps https://goo.gl/maps/7vByzrFh2UuDYpMu7


Sumber :


1. www.jombangkab.go.id








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved