Museum Nasional Filipina

Museum Nasional Filipina adalah sebuah lembaga pemerintah di Filipina dan menjabat sebagai lembaga pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dalam menyajikan berbagai koleksi nasional permanen yang menampilkan antropologi, arkeologi dan seni rupa di Filipina.


zoom-inlihat foto
Museum-Nasional-Filipina.jpg
Richter Scale
Museum Nasional Filipina

Museum Nasional Filipina adalah sebuah lembaga pemerintah di Filipina dan menjabat sebagai lembaga pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dalam menyajikan berbagai koleksi nasional permanen yang menampilkan antropologi, arkeologi dan seni rupa di Filipina.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Museum Nasional Filipina adalah sebuah lembaga pemerintah di Filipina dan menjabat sebagai lembaga pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dalam menyajikan berbagai koleksi nasional permanen yang menampilkan antropologi, arkeologi dan seni rupa di Filipina.

Museum ini dibangun pada 29 Oktober 1901, saat ini direkturnya adalah Jeremy R. Barns.

Museum ini berlokasi di Jalan Padre Burgos, Taman Rizal, Ermita, Manila.

Koleksi-koleksi bersejarah yang dimiliki oleh tempat wisata di Filipina Museum Nasional ini dibagi menjadi empat kategori. Seni, etnografi, arkeologi, dan sejarah.

Ada satu koleksi yang sangat terkenal yaitu San Diego.

Koleksi berupa sebuah kapal yang pada jaman kuno digunakan untuk transportasi di bidang perdagangan antara Filipina dengan Meksiko. San Diego tenggelam itu ditemukan utuh bersama artefak di dalamnya.

Tempat wisata di Filipina ini terdapat satu ruang yang memamerkan karya dari seorang pelukis yang bernama Juan Luna.

Pelukis tersebut mulai terkenal pada abad ke 19. Tidak hanya seorang pelukis saja, Juan Luna juga dikenal sebagai pemahat sekaligus aktifis politik. (1)

Baca: Museum Blanco Renaissance Bali

Museum ini diamanatkan untuk mendirikan, mengelola dan mengembangkan museum yang terdiri dari Kompleks Museum Nasional dan Planetarium Nasional di Manila, serta museum regional di lokasi-lokasi utama di seluruh Filipina.

Saat ini, jaringan museum nasional terdiri dari sembilan belas museum regional, cabang dan situs di seluruh nusantara.

Museum Nasional Filipina mengelola dan mengembangkan koleksi referensi nasional di bidang warisan budaya (seni rupa, antropologi dan arkeologi) dan sejarah alam (botani, zoologi, serta geologi dan paleontologi).

Selain itu, museum ini juga menyelenggarakan program penelitian permanen di bidang keanekaragaman hayati, sejarah geologi, asal usul manusia, arkeologi prasejarah dan sejarah, warisan budaya bahari dan bawah laut, etnologi, sejarah seni, dan kekayaan budaya baik yang bergerak dan tidak bergerak.

Apresiasi atas koleksi dan hasil penelitian Museum, serta keterampilan dan pengetahuan teknis dan museologis, disebarluaskan melalui pameran, publikasi, pendidikan, pelatihan, penjangkauan, bantuan teknis dan program publik lainnya.

Museum Nasional Filipina juga berfungsi sebagai badan pengatur dan penegakan pemerintah sehubungan dengan serangkaian undang-undang budaya, dan bertanggung jawab atas berbagai properti, situs, dan cagar budaya yang signifikan di seluruh negeri.

Museum ini adalah agen utama dalam peringatan resmi Bulan Museum dan Galeri, yaitu bulan Oktober, setiap tahun. (2)

Baca: Chocolate Hills

  • Tiket


Museum ini buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai pukul 17.00 waktu setempat.

Biaya masuknya relatif cukup murah, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 34.000 bagi orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak Rp 14.000 per orang.

Selama di dalam museum pengunjung akan ditemani oleh seorang pemandu wisata. (1)

Baca: Museum Trinil Ngawi

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Anindya)



Nama Tempat Museum Nasional Filipina
Tanggal Berdiri 29 Oktober 1901
Lokasi Jalan Padre Burgos, Taman Rizal, Ermita, Manila, Filipina
   


Sumber :


1. nativeindonesia.com
2. nationalmuseum.gov.ph








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved