Stadion Haji Agus Salim

Stadion Haji Agus Salim merupakan sebuah lapangan serbaguna yang ada di Kota Padang, dibangun pada tahun 1983 dan merupakan kandang klub Semen Padang.


zoom-inlihat foto
Stadion-Haji-Agus-Salim-a.jpg
infosumbar.net
Stadion Haji Agus Salim.

Stadion Haji Agus Salim merupakan sebuah lapangan serbaguna yang ada di Kota Padang, dibangun pada tahun 1983 dan merupakan kandang klub Semen Padang.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Stadion Haji Agus Salim merupakan sebuah lapangan serbaguna yang ada di Kota Padang.

Stadion Haji Agus Salim merupakan kandang dari klub Liga 2, Semen Padang dan juga PSP Padang.

Stadion Haji Agus Salim mampu menampung 28.000 penonton dalam tiap pertandingan.

Stadion Haji Agus Salim dibangun pada tahun 1983 dan dikelolo oleh pemerintah Kota Padang. (1)

Baca: Stadion Gajayana

Baca: Stadion Segiri

  • Sejarah


Stadion Haji Agus Salim dibangun selama dua tahun dimulai pada tahun 1983 dan untuk menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran Games edisi ke-13. Saat dibuka pada tahun 1985, stadion ini hanya terdiri dari dua tribun terbuka.

Stadion yang awalnya dibangun oleh Pemerintah Daerah Tk. I Sumatera Barat itu dimaksudkan untuk persiapan pelaksanaan MTQ ke 13 pada tahun 1983 namun hanya tribun Barat dan tribun Selatan.

Setelah pelaksanaan MTQ tersebut, Gubernur Ir. H. Azwar Anas sebagai pemimpin pemerintahan daerah Tk. I Sumatera Barat, melanjutkan pembangunan tribun terbuka (timur dan utara), dan baru selesai pada tahun 1985.

Dulunya, kota Padang memiliki dua stadion yang biasa menggelar pertandingan sepakbola. Ada stadion GOR H. Agus Salim dan stadion Imam Bonjol yang terletak di jantung kota Padang.

Namun, stadion yang dikelola oleh Kodim 0302 Padang tersebut dibongkar pada tahun 1992 sehingga meninggalkan stadion GOR H. Agus Salim sebagai satu-satunya stadion yang representatif di kota Padang. (1) (2)

Baca: Stadion Gelora 10 November

Stadion Haji Agus Salim, Padang. (Tribun Timur/Alfian)
Stadion Haji Agus Salim, Padang. (Tribun Timur/Alfian) (Tribun Timur/Alfian)

  • Nama


Penamaan stadion ini diambil dari salah satu tokoh intelektual yang dianggap sebagai Pahlawan Nasional.

Haji Agus salim merupakan mantan Menteri Luar Negeri pada periode segera setelah kemerdekaan diproklamasikan pada tahun 1940-an.

Haji Agus Salim sendiri berasal dari Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat, sehingga namanya dijadikan salah satu nama stadion yang ada di Kota Padang. (1) (2)

Baca: Stadion Citarum

  • Renovasi


Stadion yang berkapasitas 28.000 penonton ini pernah mengalami renovasi pada tahun 2009 dikarenakan gempa 7,6 SR pada 30 September 2009 yang mengguncang kota Padang dan merusak sebagian besar fasilitas yang ada di stadion.

Pada tahun 2009 Gempa Sumatera mempengaruhi lebih dari 1,25 juta orang Indonesia dan menyebabkan kerusakan besar pada Stadion Haji Agus Salim.

Tidak hanya tribun yang dihancurkan, fasilitas di dalamnya juga dibiarkan dalam keadaan rusak, dan lapangan menjadi tidak dapat digunakan untuk bermain.

Akibatnya pekerjaan renovasi dilakukan selama periode dua tahun antara 2010 dan 2012 untuk mengembalikan Haji Agus Salim ke kejayaannya sebelumnya. (1) (2)

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 



Informasi
Nama Stadion Haji Agus Salim
Lokasi Kota Padang, Sumatra Barat
Dibangun 1983
Klub Semen Padang dan PSP Padang
Kapasitas 28.000 penonton








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved