Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul pernah mendapatkan penghargaan The 2013 Asian Townscape Award atau taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


zoom-inlihat foto
Taman-Bungkul-Surabaya.jpg
travel.kompas.com
Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul pernah mendapatkan penghargaan The 2013 Asian Townscape Award atau taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Taman Bungkul merupakan sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di tengah kota Surabaya yang diresmikan pada tanggal 21 Maret 2007.

Terdapat banyak fasilitas yang tersedia di taman ini, seperti air minum gratis bagi pengunjung, taman bermain anak, skateboard track, jogging track, zona akses internet atau wi-fi gratis, hingga air mancur.

Terlebih, suasana di Taman Bungkul terkesan asri dan sejuk, sehingga sering dikunjungi masyarakat dan wisatawan.

Taman yang dibangun di atas lahan seluas 900 m⊃2; ini pernah mendapatkan penghargaan The 2013 Asian Townscape Award atau taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Namun pada tahun 2014, taman ini direvitalisasi kembali setelah rusak parah akibat terinjak-injak oleh masyarakat ketika diselenggarakan acara pembagian es krim Wall’s gratis.

Baca: Taman Mozaik Surabaya

Baca: Taman Lalu Lintas Bandung

Suasana Car Free Day (CFD) masuki minggu pertama bulan Ramadan di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (12/5/2019).
Suasana Car Free Day (CFD) masuki minggu pertama bulan Ramadan di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (12/5/2019). (Mayang Essa/TribunJatim.com)

 

  • Sejarah


Awal mula nama taman ini berasal dari desa bernama Bungkul yang merupakan kawasan terkenal karena memiliki tokoh spiritual yang sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Dia adalah Ki Ageng Supo yang kemudian mendapat gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul, yang mana makamnya terdapat di belakang taman ini sekaligus menjadi tempat bagi para peziarah.

Taman Bungkul melalui tahapan revitalisasi besar-besaran selama lebih dari dua tahun sebelum diresmikan pada 21 Maret 2007.

Dana revitalisasi sebesar 1,3 miliar rupiah diperoleh dari bujet Corporate Social Responsibility (CSR) Telkom.

Ketika itu, proses peresmian Taman Bungkul dilakukan melalui proses penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Taman Bungkul dari Direktur SDM Telkom kepada Wali Kota Surabaya (Bambang D.H.).

Acara tersebut juga diisi dengan sesi penandatanganan prasasti Taman Bungkul serta penanaman pohon sawo kecik sebagai simbol pohon langka.

Sejak diresmikan, perkembangan Taman Bungkul semakin pesat setelah dibangunnya sarana-sarana penunjang, seperti skateboard track dan BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance berbagai jenis entertainment), zona akses Wi-Fi gratis, telepon umum, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera.

Suasana area skateboard Taman Bungkul saat siang dan sore, Kamis (28/3/2019). Lokasi ini menjadi tempat favorit anak anak bermain dan para pemain skeater harus mengalah mencari waktu saat luang.
Suasana area skateboard Taman Bungkul saat siang dan sore, Kamis (28/3/2019). Lokasi ini menjadi tempat favorit anak anak bermain dan para pemain skeater harus mengalah mencari waktu saat luang. (surabaya.tribunnews.com/habibur rohman)

  • Fasilitas


Amphitheater

Salah satu fasilitas unggulan di taman ini yakni adanya amphitheater yang sering difungsikan sebagai tempat untuk menggelar acara musik dan beragam acara kesenian besar lainnya.

Amphitheater ini terletak di bagian tengah taman dan berbentuk lingkaran dengan diameter 33 m. U

ntuk bagian tepinya dilengkapi dengan pilar-pilar batu yang memiliki fungsi sebagai tempat duduk penonton.

Wi-Fi Gratis

Fasilitas Wi-Fi gratis dengan kecepatan tinggi menjadi fasilitas favorit bagi para pengunjung taman ini. 

Jogging Track

Jalur yang dimiliki jogging track ini cukup panjang dan memiliki suasana yang asri karena rindangnya pepohonan di sepanjang jalur.

Playground Area

Taman ini menyediakan area bermain anak dengan fasilitas yang cukup memadai.

Wahana permainan yang tersedia di sini, seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan lain sebagainya.

Selain keempat fasilitas tersebut, Taman Bungkul jugamemiliki sejumlah fasilitas lainnya, seperti sentra pedagang kaki lima yang tertata rapi, skate dan BMX track, Keran Air Siap Minum (KASM) hingga pengelolaan sampah yang rapi.

Baca: Taman Mekarsari

Baca: Taman Narmada Lombok

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Jenis Taman urban
Lokasi Jalan Raya Darmo, Surabaya, Jawa Timur
Luas 900 m²
Operator Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya
   


Sumber :


1. www.batiqa.com
2. id.wikipedia.org
3. gotripina.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved