Gwanghwamun Square

Gwanghwamun Square adalah sebuah ruang terbuka umum yang berlokasi di Sejongno, Jongno-gu di Seoul, Korea Selatan.


zoom-inlihat foto
Gwanghwamun-Square-Korea-Selatan.jpg
tourkekorea.net
Gwanghwamun Square Korea Selatan

Gwanghwamun Square adalah sebuah ruang terbuka umum yang berlokasi di Sejongno, Jongno-gu di Seoul, Korea Selatan.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Gwanghwamun Square atau dikenal juga dengan sebutan Gwanghwamun Plaza adalah sebuah ruang terbuka umum yang berlokasi di Sejongno, Jongno-gu di Seoul, Korea Selatan.

Plaza ini dibuka pada 1 Agustus 2009 oleh Pemerintah Metropolitan Seoul dan merupakan bagian dari rencana kota ini bagi proyek renovasi ramah lingkungan seperti Kali Cheonggye dan Seoul Plaza.

Gwanghwamun Square merupakan area yang pembangunannya dibuat dengan mengurangi 16 jalur lalu lintas utama menjadi 10 ruas jalur utama.

Gwanghwamun Square menghubungkan antara Jongno-gu Gwanghwamun ke persimpangan Sejong-ro dan Cheongye square.

Gwanghwamun square memiliki panjang 557 meter dan lebar 34 meter.

Awalnya area ini adalah kawasan yang penuh dengan kemacetan, tetapi kini sudah berubah menjadi tempat yang asri yang penuh dengan informasi sejarah dan budaya.

Plaza ini juga memiliki nilai sejarah sebagai lokasi dari sejumlah bangunan administratif kerajaan, yang dikenal sebagai Yukjo-geori atau Jalan Enam Kementerian.

Gwanghwamun Square pada malam hari
Gwanghwamun Square pada malam hari (tourkekorea.net)

Baca: Gyeongbok Palace

Baca: N Seoul Tower (Namsan Tower)

Gwanghwamun juga menampilkan patung dari Laksamana Yi Sun-sin dari Dinasti Joseon serta Raja Sejong yang Agung dari Joseon.

Tujuan dari pembukaan dan pembangunan kembali plaza ini adalah untuk membuat plaza ini sebagai tempat bersejarah dan berbudaya bagi masyarakat.

  • Sejarah


Plaza ini awalnya merupakan ruang terbuka umum dan jalan selama berabad-abad dalam sejarah Korea. Suatu saat pada abad ke-20 plaza ini diubah menjadi jalan raya dengan 16-jalur.

Sebuah ruang terbuka perkotaan yang ramah pejalan kaki pertama kali diumumkan pada Februari 2004, bersama dengan proyek bagi Namdaemun dan Seoul Plaza.

Pada Desember 2006, rencana lebih lanjut mengenai plaza ini diumumkan. Proyek ini dalam kaitannya dengan pemulihan Gwanghwamun dilakukan oleh Administrasi Warisan Budaya Korea, dan dijadwalkan selesai pada bulan Agustus 2009.

Pembangunan plaza ini awalnya dijadwalkan akan dimulai pada Februari 2008, namun ditunda karena adanya penentangan dari Badan Polisi Nasional, yang khawatir bahwa plaza tersebut dapat disalahgunakan sebagai tempat untuk unjuk rasa.

Patung Raja Sejong
Patung Raja Sejong (tourkekorea.net)

Konstruksi dimulai pada 23 April 2008, setelah pemerintah menetapkannya sebagai zona bebas demonstrasi.

Rencana tersebut termasuk pemindahan patung Raja Sejong dari Deoksugung ke Plaza ini.

Plaza ini dibuka pada tanggal 1 Agustus 2009 setelah 15 bulan dalam periode renovasi.

Pada acara pembukaan, tempat ini ditutupi karpet bunga, sepanjang 162 m dan lebar 17.5 m, dengan 224,537 bunga mewakili jumlah hari dari ketika Seoul dinyatakan sebagai ibu kota pada 28 Oktober 1394, hingga pembukaan plaza tersebut pada 1 Agustus 2009.

  • Daya Tarik


Spot Foto Menarik

Spot dengan latar istana di sini sangat terkenal apalagi tempatnya luas, sehingga pengunjung tidak akan sulit mengambil foto di tempat ini.

Megahnya Istana Gyeongbokgung dan Patung Raja Sejong

Pengunjung bisa melihat megahnya Istana Gyeongbokgung dan melihat Patung Raja Sejong yang gagah.

Di depan patung Raja Sejong terdapat tiga buah penemuan penting yang ditemukan oleh penemu terkenal pada masa Raja Sejong bernama Jang Yeong Shil.

Patung Admiral Yi Sun-Shin dan Air Mancur
Patung Admiral Yi Sun-Shin dan Air Mancur (tourkekorea.net)

Bermain di Air Mancur 

Selain patung Raja Sejong, terdapat pula patung dari Laksamana Lee Sun Shin.

Di depan patung laksamana, terdapat air mancur yang bisa dijadikan tempat bermain anak-anak pada musim panas untuk meredakan rasa panas yang menyengat.

Festival Seni Internasional Gwanghwamun

Gwanghwamun Square merupakan salah satu lokasi khusus di Korea untuk berlangsungnya peristiwa bersejarah dan berbagai jenis kegiatan.

Festival Seni Internasional Gwanghwamun dirancang untuk meningkatkan pengetahuan publik dan apresiasi terhadap seni dan budaya.

Selain pameran seni, pengunjung juga dapat menikmati berbagai pertunjukkan dan mencoba berbagai jenis seni dan kerajinan seperti keramik, kerajinan perak, kerajinan kulit, dan lain sebagainya.

Baca: Dongdaemun Market

Baca: Nami Island

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Dibuka 1 Agustus 2009
Pemilik Pemerintah Metropolitan Seoul
Lokasi Sejongno, Jongno-gu Seoul, Korea Selatan
   


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. tourkekorea.net








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved