Dikritik karena Bipang Ambawang, Jokowi Jadi Sorotan Lagi karena Sebut Padang sebagai Provinsi

Dalam kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi kembali menjadi sorotan setelah sebut Kota Padang sebagai Provinsi.


zoom-inlihat foto
Pengarahan-Presiden-Jokowi-kepada-kepala-daerah-se-Indonesia.jpg
BPMI Setpres/Lukas
Pengarahan Presiden Jokowi kepada kepala daerah se-Indonesia, secara virtual, dari Istana Negara, Jakarta, Senin (17/05/2021).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Jokowi kembali menjadi sorotan warganet karena ucapannya mengenai 'Padang'.

Dalam kunjungan kerjanya pada 19 Mei 2021 lalu, Jokowi tak sengaja menyebut Padang sebagai Provinsi.

Mengutip Youtube Sekretariat Presiden, Dalam sambutannya, Jokowi salah sebut Padang sebagai provinsi.

"Sekali lagi dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain,” kata Jokowi dia.

“Dan produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik. Terutama, dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," sambungnya.

Bipang Ambawang

Sebelumnya, Jokowi ramai dibicarakan tetrkait Bipang Ambawang.

Bahkan, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meluruskan pernyataan Presiden Joko Widodo dalam pidato memperingati Hari Bangga Buatan Indonesia.

Jokowi meminta kepada para pihak yang terkait, khususnya pimpinan KPK, Menteri PAN-RB, dan Kepala BKN, untuk merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes.
Jokowi meminta kepada para pihak yang terkait, khususnya pimpinan KPK, Menteri PAN-RB, dan Kepala BKN, untuk merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes. (Sekretariat Presiden)

Video tersebut menjadi viral lantaran ada salah satu brand kuliner yang disebut yakni Bipang Ambawang asal Banjarmasin ternyata adalah babi panggang.

Kata kunci Bipang pun menjadi viral di media sosial.

Padahal seperti yang diketahui, Bipang Ambawang merupakan kuliner dari Ambawang, Kalimantan Barat.

Nama tersebut disebutkan sebagai akronim dari babi panggang.

"Bapak/Ibu dan Saudara-saudara sekalian, sebentar lagi Lebaran. Namun, karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama," kata Jokowi dalam video tersebut.

Baca: Jokowi Minta Para Kepala Daerah Pantau Perkembangan Covid-19 Pascalebaran

Baca: Bipang Ambawang

"Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," ujar Jokowi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi lantas meminta maaf atas kesalahpahaman video Presiden Jokowi.

Lutfi mengungkapkan, tidak ada maksud apapun dari pernyataan presiden Joko Widodo.

"Kami dari Kementerian Perdagangan selaku penanggung jawab acara tersebut sekali lagi memastikan tidak ada maksud apa pun dari pernyataan Bapak Presiden. Kami mohon maaf sebesar-besarnya jika terjadi kesalahpahaman," kata Mendag Muhammad Lutfi dalam video yang diunggah di akun YouTube Kemendag, Sabtu (8/5/2021).

"Karena niat kami hanya ingin agar kita semua bangga terhadap produksi dalam negeri. Termasuk berbagai kuliner khas daerah dan menghargai keberagaman bangsa kita," imbuhnya

Dia menjelaskan konteks video tersebut ialah agar masyarakat membeli produk lokal. Dia menjelaskan konteks keseluruhan video.

"Berkaitan dengan pernyataan bipang Ambawang, yang pertama kita harus melihat dalam konteks keseluruhan pernyataan Bapak Presiden ada dalam video yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal," ujarnya.

Sekjen Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Dedy Mawardi menyarankan Presiden untuk angkat bicara soal isu reshuffle kabinet untuk menghindari kegaduhan.
Sekjen Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Dedy Mawardi menyarankan Presiden untuk angkat bicara soal isu reshuffle kabinet untuk menghindari kegaduhan. (instagram.com/jokowi)










KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Kuah Sie Itek

    Kuah Sie Itek merupakan makanan khas Aceh yang
  • Bagas Maulana

    Bagas Maulana merupakan atlet bulu tangkis asal Indonesia
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved