Bobotoh

Bobotoh adalah sebutan bagi orang-orang memberikan dukungan kepada Persib Bandung, Bobotoh berasal dari bahasa sunda dan julukan Bobotoh sudah muncul sejak Persib Bandung Berdiri.


zoom-inlihat foto
bobotohhh.jpg
Bobotoh.id
Dukungan Bobotoh terhadap Persib Bandung.

Bobotoh adalah sebutan bagi orang-orang memberikan dukungan kepada Persib Bandung, Bobotoh berasal dari bahasa sunda dan julukan Bobotoh sudah muncul sejak Persib Bandung Berdiri.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bobotoh adalah sebutan untuk pendukung klub sepak bola Persib Bandung dari Jawa Barat.

Pendukung Persib Bandung yang berada di tribun stadion dan mendukung secara langsung, baik kelompok maupun individu, mereka disebut Bobotoh.

Bobotoh berasal dari bahasa Sunda yang bisa diartikan sebagai orang-orang yang mendukung atau membangung.

Hal tersebut sangat cocok dengan peran Bobotoh yang selalu memberikan dukungan dan semangat bagi Persib Bandung ketika berlaga.

Baca: Farshad Noor

Baca: Aremania

bobotohha
Bobotoh saat mendukung Persib Bandung.


Bobotoh sendiri berasal dari bahasa Sunda, yang dalam kamus bahasa Sunda karya R. Satjadibrata (2011), berarti “orang yang menghidupkan semangat kepada orang yang hendak berkelahi (atau binatang yang hendak diadu), suporter".

Dari definisi tersebut bisa disimpulkan jika Bobotoh pada awalnya memiliki makna luas, karena perkelahian atau persaingan untuk menjadi pemenang tidak hanya terjadi di dalam sepakbola, tapi juga banyak hal lainnya. (1)

Bobotoh bisa diartikan sebagai orang-orang yang mendorong atau membangun. 

Keterikatan Bobotoh dengan sepakbola diyakini berjalan beriringan dengan semakin populernya cabang olahraga itu di antara para pengguna bahasa Sunda, yakni penduduk Jawa Barat. (1)

Bobotoh bukanlah sebuah organisasi pendukung. Oleh karena itu, anggota Bobotoh tak pernah diketahui jumlah pastinya.

Sekretariat resmi atau kostum, Bobotoh tak pernah punya. Ia tumbuh beriringan dengan alunan cinta masyarakat Bandung kepada Persib.

Baca: Saiful

Kecintaan itu membuat mereka pernah menyesaki Stadion Utama Senayan (kini Gelora Bung Karno) pada final Perserikatan, 23 Februari 1985.

Meski begitu, Bobotoh tak sok jagoan. Jumlah besar ditambah kekalahan Persib 2-3 dari PSMS tak sedikit pun memancing emosi mereka untuk ricuh. (2)


Sejak pertama kali Persib Bandung berdiri pada tahun 1933, pendukung Persib sudah mulai muncul dan menunjukan eksistensi untuk mendukung klub sepak bola kebanggan masyarakar Jawa Barat tersebut.

Kala itu, selain Bobotoh, Bala Kurawa turut menjadi sebutan bagi pendukung Persib.

Tercatatat pada media olahraga yang diterbitkan Otto Iskandar Dinata pada 1937, pendukung Persib Bandung sudah ada dan hadir mendukung Persib di lapangan Tegalaga dan Lapangan Ciroyam, Bandung. (3)

Pada tahun 1933, BIVB mengikuti kompetisi Perserikatan, tapi secara perlahan mulai menghilang. Sejak itu, istilah Bobotoh sudah banyak dipakai karena di dalam menjalani pertandingan, BIVB mendapat dukungan langsung dari orang yang datang ke Stadion atau Lapangan Tegalega. (1)

Baca: Stadion Manahan

Bobotoh bukanlah kelompok suporter Persib, namun Bobotoh adalah sebutan secara umum para pendukung dan pecinta Persib Bandung.

Secara umum, Bobotoh terbagi menjadi beberapa kelompok muladi dari Viking Persib Club (VPC), Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), La Curva Pasunda (LPC), Flowers City Casuals (FCC). (1)

Bobotoh, para pendukung setia Persib Bandung.
Bobotoh, para pendukung setia Persib Bandung. (Tribunnews)

  • Rekor Penonton


Bobotoh pernah mencatatkan rekor sebagai jumlah penoton terbanyak yang pernah hadir dalam satu pertandingan di Indonesia.

Rekor tersebut sepertinya tak akan terpecahkan bila belum ada stadion yg berkapasitas lebih besar dari GBK kala itu.

150 ribu penonton tahun 1985 terukir dalam sejarah sepakbola indonesia saat final PERSIB vs PSMS Medan. (1)

Saat ini stadion GBK telah direnovasi dan kapasitasnya berkurang menjadi 80 ribu kursi penonton.

Rekor hampir terlampaui saat Persija dibantai arema 1-5 dengan 120 ribu penonton itupun disesaki oleh kedua supporter. 

Baca: Sudirman

  • From Father to Son


Para pendukung Persib Bandung memiliki tradisi yang mewariskan kepada anak dan cucu mereka untuk mendukung Persib Bandung sejak Perserikatan, sering kali di stadion mereka membawa anak laki laki untuk melihat pertandingan Persib Bandung berlaga.

Bobotoh persib bandung (Irfan Al-Faritsi/ayobandung.com)
Bobotoh persib bandung (Irfan Al-Faritsi/ayobandung.com) (Irfan Al-Faritsi/ayobandung.com)

Tokoh penting dari para pendukung Persib salah satunya adalah Ayi Beutik.

Ia merupakan pentolan dari salah satu kelompok Bobotoh, yaitu Viking Persib Club.

Ayi Beutik memberikan nama kepada anak mereka dengan nama Jayalah Persibku yaitu seorang laki-laki dan Usab Perning seorang perempuan. (4)

 

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 

 



Informasi
Nama Bobotoh
Pendukung Persib Bandung
Sejak 1933
Warna Kebesaran Biru


Sumber :


1. www.goal.com
2. historia.id
3. sport.koropak.co.id
4. www.indosport.com


Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved