Phil Foden

Philip Walter Foden atau Phil foden merupakan bintang muda Manchester City.


zoom-inlihat foto
Phil-Foden-2.jpg
Instagram/philfoden
Phil Foden

Philip Walter Foden atau Phil foden merupakan bintang muda Manchester City.




  • Profil


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Philip Walter Foden adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Inggris yang bermain sebagai gelandang untuk klub Liga Utama Inggris, Manchester City dan tim nasional U-21 Inggris.

Seorang gelandang kaki kiri yang kreatif, umpan dengan kemampuan untuk melewati lawan, sesuatu yang menonjol selama waktunya di Akademi.

Phil Foden merupakan pemain kelahiran Stockport, Inggris, pada 28 Mei 2000, dan saat ini masih berusia 20 tahun.

Meskipun masih muda Phil Foden menjadi andalan Pep Guardiola di Manchester City, bahkan malam tadi menjadi penentu kemenangan City atas Dortmund.

Baca: Stadion Signal Iduna Park

  • Masa Kecil


Foden lahir di daerah Stockport, Inggris, pada 28 Mei 2000 silam di tengah-tengah keluarga pendukung Manchester United, yang merupakan rival sekota dari Manchester City.

Foden memang dikenal sebagai pendukung Manchester City sejak masih anak-anak.

Akan tetapi, ayah dan saudara laki-lakinya merupakan penggemar berat Manchester United.

Bahkan, Foden sering terlibat saling ejek dengan saudara laki-lakinya, jika Derby Manchester sedang berlangsung.

"Derby dulu gila karena keluarga kami terpecah antara City dan United," kata Foden kepada BBC yang dilansir BolaSport.com.

"Saudaraku adalah fans United, jadi dia akan memakai atasan United-nya dan saya akan memakai baju City dan ketika seseorang mencetak gol, kami akan saling mengolok," tutur Foden melanjutkan.

Meski demikian, Foden mengaku dirinya berhasil mengubah ayahnya menjadi pendukung Manchester City.

Selain sebagai penggemar Manchester City, Foden juga dikenal sebagai seorang ball boy saat usianya 12 tahun.

Foden bahkan melihat sendiri momen saat Sergio Aguero mencetak gol kemenangan Manchester City ke gawang Queens Park Rangers pada 2012.

Gol tersebut sekaligus memastikan gelar juara Liga Inggris bagi Manchester City saat itu.

Baca: Mohamed Salah

  • Karir Klub


Phil Foden sudah menjadi bagian Manchester City U-9, pada tahun 2009, dan dapat menjalani debut bersama tim senior Manchester City pada laga melawan Feyenoord di Liga Champions pada November 2017.

Menggantikan Yaya Toure pada menit ke-75, ia menjadi pemain City termuda yang bermain di kompetisi Eropa, pada saat itu.

Sebulan kemudian dia menjadi orang Inggris termuda yang memulai pertandingan Liga Champions ketika dia masuk dalam starting XI melawan Shakhtar Donetsk dan debutnya di Liga Premier menyusul 10 hari kemudian.

Dia membuat beberapa peran besar saat City mengangkat gelar Liga Premier 2017/18 dan menandatangani kontrak baru pada Desember 2018, yang membuatnya bertahan di Klub hingga 2024.

Pada musim 2018/19, ia terlibat lebih banyak waktu bermain, mencetak tujuh gol dalam 26 penampilan saat City menyapu bersih semuanya di sepak bola Inggris.

Foden terus berkembang pesat musim lalu, memenangkan man of the award dalam kemenangan final Carabao Cup 2020 atas Aston Villa dan membuat total 38 penampilan, mencetak delapan gol.

Dia kemudian dianugerahi penghargaan pertamanya pada September 2020, dengan Foden akan menjadi sosok kunci untuk City di musim 2020/21.

Sosok Foden sendiri telah mendapatkan sorotan sejak dianugerahi penghargaan bola emas dalam ajang Piala Dunia U17 pada tahun 2017 silam.

Sejak saat itu nama Foden semakin bersinar ketika Pep Guardiola kerap memberikannya kesempatan bermain di tim utama Manchester City.

Walaupun lebih kerap bermain sebagai pemain pengganti, setidaknya Foden bisa unjuk gigi terhadap olah skill bola yang ia miliki.

Dan penampilan puncak didapatkan Phil Foden dalam mengarungi kompetisi musim ini bersama Manchester City.

Pemain muda kebanggaan Inggris itu sejauh ini telah tampil sebanyak 39 laga dalam balutan jersey The Citizens pada musim ini.

Rinciannya Phil Foden mampu tampil baik sebagai pemain utama maupun pengganti dalam 23 laga di Liga Inggris.

Torehan enam gol dan lima assist menjadi kontribusi Phil Foden membantu Manchester City menduduki posisi puncak sementara Liga Inggris.

Dalam ajang lainnya mulai dari Liga Champions, FA Cup, dan Carabao Cup, Phil Foden masing-masing mampu menorehkan dua gol dalam ketiga turnamen tersebut.

Alhasil Phil Foden secara keseluruhan telah berkontribusi dalam 12 gol dan 9 assist dari 39 laga yang telah di lakoninya.

Baca: Liga Champions: Gol Phil Foden di Akhir Laga Bawa Manchester City Tekuk Dortmund di Etihad Stadium


Liga Inggris 2x
FA Cup 1x
Piala Liga 3x
Piala Dunia U-17 1X
Community Shield 2X

(Tribunnewswiki.com/Khairul)



Nama Phil Foden
Nama Lengkap Philip Walter Foden
Tempat dan Tanggal Lahir Stockport, Inggris, 28 Mei 2000
Tinggi 1,71 M
Kewarganegaraan Inggris
Pekerjaan Atlet Sepak Bola
Posisi Gelandang - Central Midfiel
Klub Saat Ini Manchester City
Kaki Andalan Kiri
Bergabung 1 Juli 2017


Sumber :


1. Bolasport.com
2. mancity.com
3. ransfermarkt.com


Editor: Archieva Prisyta






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved