Stadion Signal Iduna Park

Stadion Signal Iduna Park merupakan stadion untuk klub asal Jerman Borussia Dortmund.


zoom-inlihat foto
Stadion-Signal-Iduna-Park.jpg
Instagram/bvb09
Stadion Signal Iduna Park

Stadion Signal Iduna Park merupakan stadion untuk klub asal Jerman Borussia Dortmund.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Signal Iduna Park atau Westfalenstadion merupakan stadion yang terletak di Kota Dortmund, Jerman.

Westfalenstadion merupakan nama resmi Signal Iduna Park.

Namun, pada 2005, hak penamaan stadion terjual kepada Signal Iduna, sejak saat itu nama Westfalenstadion resmi diubah menjadi Signal Iduna Park sampai 2021.

Signal Iduna Park menjadi kandang Borussia Dortmund yang bermain di Bundesliga Jerman.

Baca: Newcastle Jets FC

  • Sejarah Pembangunan


Kisah stadion Signal Iduna Park dimulai sekitar 40 tahun yang lalu, tepatnya pada 5 April 1965.

Setelah empat tahun yang panjang membahas perluasan dan modernisasi arena "Rote Erde" yang agak ketinggalan jaman pada waktu itu, Komite Pusat dan Keuangan kota "memperhatikan saran untuk tidak memperluas stadion Rote Erde, melainkan membangun stadion sepak bola baru dengan menggabungkan dua bidang latihan barat dan area permukaan kecil yang ditempati oleh pemandian udara".

Langkah pertama untuk membangun arena yang benar-benar baru dinamai "Stadion Kembar" di lingkaran resmi mengingat konstruksi paralelnya dengan Rote Erde - telah diambil.

Kota Dortmund dipilih untuk menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia 1974 menggantikan kota Cologn, Berkat hal itu, Dortmund mendapat dana untuk membangun sebuah stadion. Rancangan awal stadion ini berbentuk oval dengan trek lari dan bisa menampung 60.000 penonton. Tetapi budget yang didapat tidak cukup jika akan membangun stadion seperti itu.

Tanpa dana federal dan negara bagian yang disediakan, pembiayaan Westfalenstadion (awal mula nama Signal Iduna Park) tidak akan mungkin dilakukan.

Pada 2 April 1974 - sembilan tahun setelah keputusan resmi dibuat - Westfalenstadion secara resmi dibuka, dengan stadion menawarkan 54.000 tempat berdiri yang bagi penonton.

Peresmian berlangsung dalam pertandingan persahabatan melawan Schalke 04, dan stadion ini tidak kehilangan auranya sejak saat itu.

Justru sebaliknya, para penyiar radio memuji “kuil sepak bola Jerman” ketika mereka melaporkan dari arena yang begitu unik: kedekatannya dengan lapangan, akustiknya berkat atapnya yang lengkap dan hasrat unik yang dimiliki para penggemar di Ruhr untuk permainan yang indah.

Semua ini menciptakan atmosfir yang berderak, memberikan mantra pada penonton dan menimbulkan ketakutan pada lawan.

Tepatnya, sejarah SIGNAL IDUNA PARK dimulai pada tahun 1961, saat itu Komite olahraga pertama kali membahas perluasan "Rote Erde Arena".

Itu menjelaskan mengapa sepuluh tahun berlalu sebelum Dewan memutuskan pada 4 Oktober 1971 untuk membangun Westfalenstadion.

Keuangan masih terbukti bermasalah, Asosiasi Sepak Bola Jerman mungkin telah dianugerahi hak tuan rumah untuk Piala Dunia 1974 pada tahun 1966, namun rencana Dortmund untuk membangun stadion baru dengan desain konvensional - sehingga menelan biaya 30 juta Euro - terancam berantakan.

Terlepas dari keputusan yang jelas oleh Dewan, otoritas administratif masih menjajaki opsi untuk memperluas arena yang ada dalam upaya menghemat biaya.

Kepala departemen olahraga Erich Rüttel berhasil dengan proposalnya untuk membangun stadion berdasarkan model Kota Olimpiade Kanada Montreal (1976) menggunakan metode konstruksi prafabrik.

Itu adalah terobosan yang menentukan, biayanya dipotong setengah, dengan pengeluaran dalam pembicaraan awal diperkirakan mencapai 27 juta Marks (hampir 14 juta Euro).

Pada akhir pekerjaan konstruksi, jumlahnya mencapai tujuh juta Marks lebih, hanya lima bulan kemudian, pada 19 Oktober 1970, Dewan memberikan lampu hijau pada rencana tersebut dan memutuskan untuk mulai membangun Westfalenstadion pada tahun berikutnya.

Lebih dari 80



Nama Stadion Stadion Signal Iduna Park
Kapasitas 81.359
Negara Jerman
Kota Dortmund
Klub BV Borussia Dortmund
Pertandingan pertama Tahun 1974 (Borussia Dortmund - Schalke 0-3)
Renovasi 1995, 2002-2006
Biaya Renovasi € 32,7 juta (1974), € 200 juta (2006)
Desain Arsitektur Schroder Schulte-Ladbeck Strothmann
Ukuran Lapangan 105 m x 68 m
Alamat Strobelalle 50, 44139 Dortmund


Sumber :


1. www.bvb.de
2. stadiumdb.com


Editor: Archieva Prisyta






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved