Mengenal Bibit Siklon Seroja, Penyebab Banjir di NTT, Ini Rekomendasi BMKG untuk Antisipasi Bencana

Siklon tropis 99S menyebabkan bencana banjir bandang dan longsor di NTT. Siklon ini dinamakan "Seroja" oleh TCWC Jakarta.


zoom-inlihat foto
Bibit-Siklon-Tropis-99S.jpg
Kolase Istimewa/BMKG
Banjir bandang di Flores Timur (kiri) dan bibit siklon tropis 99S.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bibit siklon tropis 99S atau Seroja yang muncul di sekitar perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) memicu bencana banjir bandang dan tanah longsor di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT, pada Minggu (4/4/2021).

Intensitas siklon tropis 99S diperkirakan masih akan menguat hingga hari ini, Senin (5/4/2021).

Siklon tropis 99S ini diberi nama "Seroja" oleh Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta.

"Saat bibit saja sudah menimbulkan bencana, apabila benar-benar menjadi siklon, maka dikhawatirkan akan meningkatkan tingkat risikonya," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring, Minggu (4/4/2021).

Berdasarkan analisis terbaru pada 4 April 2021 pukul 19.00 WIB, bibit siklon tropis 99S berada di perairan Kep. Rote, NTT, 10.3LS, 123.5BT (sekitar 24 km sebelah barat daya Kupang).

Pergerakan sistem mengarah ke timur hingga timur laut dengan kecepatan 3 knots (6 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Bibit Siklon 99S
Bibit siklon tropis 99S yang menyebabkan banjir bandang di NTT

Baca: Bibit Siklon 99S atau Seroja Diperkirakan Masih Menguat Hari Ini, NTT Waspada Ancaman Banjir Lagi

Kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya adalah 30 knots (55 km/jam) dengan tekanan di pusat sistemnya mencapai 996 hPa.

Diperkirakan intensitas bibit siklon tropis 99S masih akan menguat dan mencapai intensitas siklon tropis pada dini hingga pagi hari (6—12 jam ke depan) sekitar jam 18 UTC atau 01.00 WIB tanggal 5 April 2021.

Mengingat bahwa sistem siklon tropis tersebut masih berada di wilayah tanggungjawab Jakarta TCWC, maka nama siklon tropis yang akan diberikan adalah "Seroja" sesuai dengan urutan nama siklon tropis dari BMKG secara internasional.

BMKG telah mengeluarkan rilis informasi potensi cuaca ekstrem sebagai dampak dari bibit siklon tersebut sejak tanggal 2 April 2021.





Halaman
123
Editor: Febri Ady Prasetyo






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved