Bagaimana Hukum Orang Berpuasa Tanpa Shalat Tarawih Menurut Islam? Simak Penjelasannya!

Shalat tarawih merupakan shalat sunah yang dilakukan hanya pada bulan ramadhan. Namun, bagaimana jika berpuasa tanpa menjalankan shalat tarawih?


zoom-inlihat foto
ilustrasi-salat-tarawih-2.jpg
Tribun Kaltim
Ilustrasi salat tarawih


(Berita Pagi)

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Puasa di bulan ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim.

Sebagaimana yang tercantum pada surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Al baqarah : 183)

Beberapa amalan ibadah dapat dilakukan saat berpuasa, satu di antaranya seperti shalat tarawih.

Dikutip dari Dalamislam.com, shalat tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam bulan ramadhan dan diakhiri dengan shalat witir.

Shalat tarawih berbeda dengan shalat tahajud karena untuk melaksanakan shalat tarawih seseorang tidak perlu tidur dan bangun di sepertiga malam untuk melaksanakannya.

Bacaan niat dan tata cara shalat Tarawih sendiri di rumah, lengkap dengan tuntunannya, yang dapat disimak dalam artikel berikut ini.
Bacaan niat dan tata cara shalat Tarawih sendiri di rumah, lengkap dengan tuntunannya, yang dapat disimak dalam artikel berikut ini. (aleteiaen.files.wordpress.com)

Baca: Sering Mengantuk saat Sholat Tarawih di Kala Ramadhan? Berikut Cara Mengatasinya!

Hukum shalat tarawih di bulan ramadhan adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan sesuai dengan Alqur’an dan hadits serta beberapa pendapat ulama.

Lalu bagaimana hukumnya jika berpuasa tanpa shalat tarawih?





Halaman
123






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved