BTS Dukung Gerakan #StopAsianHate, Marah dan Hilang Harga Diri Ingat Saat Alami Diskriminasi Rasial

Gerakan Stop Asian Hate muncul karena meningkatnya frekuensi kasus kejahatan rasial terhadap orang Asia-Amerika di Kepulaian Pasifik.


zoom-inlihat foto
bts-entertainer-of-the-year-2020-versi-time.jpg
Instagram/time
Majalah TIME menobatkan BTS sebagai Entertainer of the Year 2020.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Grup boyband Korea Selatan BTS mengunggah sebuah surat terbuka yang mengungkapkan dukungan mereka untuk gerakan Stop Asian Hate yang terjadi di Amerika.

Gerakan Stop Asian Hate muncul karena meningkatnya frekuensi kasus kejahatan rasial terhadap orang Asia-Amerika di Kepulaian Pasifik.

"Kami mengirimkan belasungkawa yang terdalam kepada mereka yang telah kehilangan orang yang mereka cintai," tulis BTS dalam surat tersebut.

Dalam surat yang diterbitkan dalam bahasa Inggris dan Korea itu, boy grup yang berada di bawah naungan Big Hit Entertainment tersebut juga mengungkapkan pengalaman mereka yang juga sempat mendapatkan diskriminasi.

Baca: Ulang Tahun ke-28, Suga BTS Donasi Rp 1,2 Miliar untuk Anak-anak Penderita Kanker

Baca: Coldplay Percayai BTS Nyanyikan Fix You, Netizen: Mereka Jarang Beri Izin Artis Lain

“Kami merasakan kesedihan dan kemarahan. Kami ingat saat-saat kami menghadapi diskriminasi sebagai orang Asia. Kami telah menahan umpatan tanpa alasan dan diejek karena penampilan kami. Kami bahkan ditanya mengapa orang Asia berbicara dalam bahasa Inggris."

Sebelumnya, sebanyak 18 orang tewas dalam serangkaian penembakan di tempat spa di Atlanta pada 16 Maret 2021 lalu.

Enam di antaranya merupakan perempuan Asia.

BTS
BTS (Soompi)

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Pusat Studi Kebencian dan Ekstremism, kejahatan yang yang menargetkan orang Asia telah meningkat sebanyak 150 persen di tahun 2020.

Terkait hal itu, anggota BTS, yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook menjelaskan bagaimana pengalaman mereka sendiri terkait isu rasisme yang telah menyebabkan mereka merasa harga dirinya jatuh dan menjadi tidak berdaya.

"Kami tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata rasa sakit yang dialami subjek kebencian dan kekerasan dengan alasan apapun," lanjut surat itu.

Baca: BTS Masuk Nominasi, Simak Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2021 yang Sukses Digelar Kemarin





Halaman
1234






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved