Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Inggris Sudah Masuk Indonesia, Diketahui Lebih Cepat Menular

Mutasi virus corona B.1.1.7 yang pertama kali terdeteksi di Inggris, kini terdeteksi di Indonesia pada Selasa (2/3/2021). Diketahui lebih menular.


zoom-inlihat foto
ilustrasi-virus-corona-covid-19.jpg
Shutterstock
Ilustrasi virus corona, Covid-19


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Mutasi virus corona B.1.1.7 yang pertama kali terdeteksi di Inggris, kini telah ditemukan di Indonesia, tepat setelah satu tahun kasus Covid-19 pertama kali terdeteksi di tanah air ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono.

Pengumuman itu disampaikannya dalam acara Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca-pandemi, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenristek/Brin, Selasa (2/3/2021).

"Tadi malam, saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun (pandemi), hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7, UK (United Kingdom) mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante.

Dante mengatakan, dengan adanya temuan dua kasus yang terkait dengan mutasi B.1.1.7 ini, maka Indonesia akan menghadapi pandemi Covid-19 dengan tingkat kesulitan yang semakin berat.

Dia mengungkap, temuan dua kasus mutasi B.1.1.7 itu ditemukan dari hasil pemeriksaan terhadap 462 sampel menggunakan metode pengurutan genom atau Whole Genome Sequence (WGS).

Pemeriksaan itu telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir.

Baca: WHO Beberkan Sederet Virus Mematikan di Dunia, Ingatkan Penyakit X yang Lebih Ganas dari Black Death

ILUSTRASI - Mutasi virus corona B.1.1.7 Inggris yang sudah masuk ke Indonesia.
ILUSTRASI - Mutasi virus corona B.1.1.7 Inggris yang sudah masuk ke Indonesia. (pixabay.com)

Baca: Terus Bermutasi, Ini Daftar Varian Baru Virus Corona yang Telah Teridentifikasi

Lebih menular

Mutasi virus corona B.1.1.7 ini diketahui lebih menular hingga 70 persen dibandingkan dengan varian awal SARS-CoV-2 yang ditemukan di Wuhan, China.

Negara-negara lain juga telah melaporkan penemuan kasus dari varian baru virus corona ini seperti Singapura, India, Malaysia, hingga Korea Selatan.





Halaman
1234
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved