Survei IPI, Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Turun, Istana Beri Tanggapan

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman memberikan tanggapan atas survei yang menunjukkan angka kepuasan publik pada kinerja Jokowi menurun.


zoom-inlihat foto
jokowi-covid-19.jpg
TRIBUNNEWS/SETPRES/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo meninjau progres penanganan Covid-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (10/6/2020). Presiden mengunjungi Kantor Gugus Tugas Nasional Covid-19 yang berada di BNPB guna memantau penanganan COVID-19 pada masa new normal.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyebut angka kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo menurun.

Survei nasional Indikator Politik Indonesia pada 1 hingga 3 Februrari 2021 menunjukkan kepuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo berada di angka 62,9 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi menyebut, angka kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi tersebut menurun.

Menurut Burhanuddin, penurunan angka kepuasan publik berada di titik paling rendah sejak 2016.

Survei mengatakan bahwa kepuasan publik pada kinerja Presiden mencapai titik terendah sejak 2016, yakni di angka 62,9 persen.

Burhanuddin juga menuturkan, persentase kepuasan publik turun jika dibandingkan pada September 2020 lalu yang mencapai 68,9 persen.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman angkat bicara soal survei itu.

Baca: Jokowi Terima Kunjungan PM Malaysia Muhyiddin Yassin, Perlindungan TKI di Malaysia Dibahas

Baca: Survei Litbang Kompas: Satu Tahun Pemerintahan Jokowi Maruf, Banyak Suara Masyarakat Dibungkam

Menurut Fadjroel, hal ini tidak terkait langsung dengan Presiden Jokowi.

"Tadi malam di Kompas TV, kata Peneliti Indikator Politik, ini terkait revisi UU Pemilu di DPR. Jadi tak terkait Pak Jokowi secara langsung," kata Fadjroel kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Alih-alih melihat tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden, kata Fadjroel, lebih penting untuk memperhatikan angka kepercayaan publik terhadap Kepala Negara.

Dalam survei IPI disebutkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap Jokowi saat ini mencapai 82 persen.

"Menurut kami yang penting dilihat tingkat kepercayaan atau trust terhadap Presiden Jokowi sebesar 82 persen," ujar Fadjroel.

Fadjroel mengklaim, tingginya angka kepercayaan masyarakat terhadap Jokowi ini menjadi modal pemerintah dalam menghadapi tantangan ke depan, termasuk dalam penanganan pandemi.

"Modal sosial yang sangat besar menghadapi pandemi, memulihkan ekonomi, dan mengarusutamakan toleransi," kata dia.

Sebelumnya, menurut Burhanuddin penurunan persentase itu tidak signifikan dan menjadi alarm untuk Presiden Jokowi.

Baca: China Heran, Jokowi Himpun Dana untuk Pembangunan Besar-besaran, tapi Berani Kecualikan Tiongkok

Baca: Jokowi Resmikan PT Bank Syariah Indonesia Tbk: Hari Bersejarah Pekembangan Ekonomi Syariah Indonesia

"Ini titik terendah tingkat kepuasan pada Pak Jokowi, bahkan sejak Juni 2016," kata Burhanuddin, dalam diskusi daring yang digelar IPI, Senin (8/2/2021).

Kemudian, survei IPI juga menunjukkan angka ketidakpuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo meningkat dalam setahun terakhir.

Survei IPI pada Februari 2020 hingga Februari 2021, angka ketidakpuasan pada Presiden Jokowi naik dari 28 persen menjadi 35,6 persen.

"Orang puas dan tidak puas ditentukan oleh pilihan di 2019. Pendukung Pak Jokowi cenderung puas pada kinerja presiden, pendukung Prabowo cenderung tidak puas. Meskipun Pak Prabowo sekarang sudah menjadi bagian dari pemerintah," tuturnya.

Metode survei itu dilakukan dengan melibatkan sampel responden dari seluruh provinsi di Indonesia.

Indikator menggunakan 1.200 responden yang dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

(TribunnewsWiki.com/Rakli, Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Sebut Kepuasan pada Kinerja Presiden Turun, Istana: Tak Terkait Langsung dengan Jokowi"







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved