Gagal Bongkar Asal-usul Corona, WHO Disebut Sekongkol dengan China, Sembunyikan Fakta Covid-19

Publik semakin menduga WHO dan China bersekongkol untuk sembunyikan fakta seputar virus corona


zoom-inlihat foto
ilustrasi-virus-corona-r1r.jpg
pixabay.com
Ilustrasi virus corona.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Hasil penelitian tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Wuhan memicu kemarahan publik.

WHO mengakui kegagalan mereka dalam mengidentifikasi sumber asal virus corona, sebagaimana diberitakan The Sun, Selasa (9/2/2021).

Bahkan pernyataan mereka seakan mendukung klaim Partai Komunis China, bahwa virus corona bukan berasal dari kecelakaan laboratorium.

Muncul Spekulasi WHO Tutupi Fakta Covid-19

Anggota parlemen Tobias Ellwood, ketua komite Pertahanan, mengatakan kepada The Sun Online: "Ini sepenuhnya menutupi."

"Mengingat kehancuran ekonomi global dan jumlah kematian yang disebabkan pandemi ini - tidak pernah lagi negara yang bertanggung jawab atas wabah dibiarkan menghalangi penyelidikan internasional selama 12 bulan penuh."

Rezim Partai Komunis telah lama dituduh menutupi asal-usul pandemi dan terus berusaha untuk menangkis kesalahan.

Ilmuwan WHO muncul bersama rekan-rekan China mereka saat mereka meragukan pasar basah Wuhan sebagai sumber corona.

Mereka juga menolak kemungkinan kebocoran laboratorium, mengatakan hal itu "sangat tidak mungkin".

Dr Peter Ben Embarek, kepala misi WHO, mengatakan: "Hipotesis insiden laboratorium sangat tidak mungkin menjelaskan masuknya virus ke dalam populasi manusia.

"Oleh karena itu tidak ada dalam hipotesis yang akan kami sarankan untuk penelitian di masa depan."

Sebaliknya, tim tersebut menawarkan penjelasan spekulatif termasuk kemungkinan lompatan dari hewan ke manusia di tempat lain, atau bahkan mungkin telah melewati batas makanan beku.

Baca: Hasil Penyelidikan WHO: Virus Covid Mungkin Tidak Berasal dari Wuhan, Tak Ada Bukti Kuat

Baca: WHO: Varian Baru Virus Corona yang Lebih Menular Telah Menyebar Cepat di Puluhan Negara

Foto yang diambil pada 16 Januari 2021 ini menunjukkan warga yang menjalani tes virus Corona Covid-19 di pusat pengujian sementara di dalam kompleks perumahan di Shijiazhuang, di Provinsi Hebei Utara, sebagai bagian dari program pengujian massal setelah provinsi tersebut menyatakan
Foto yang diambil pada 16 Januari 2021 ini menunjukkan warga yang menjalani tes virus Corona Covid-19 di pusat pengujian sementara di dalam kompleks perumahan di Shijiazhuang, di Provinsi Hebei Utara, sebagai bagian dari program pengujian massal setelah provinsi tersebut menyatakan "keadaan darurat". (STR / CNS / AFP) / China OUT)

WHO menyimpulkan bahwa virus kemungkinan berpindah ke manusia dari hewan, tetapi sekarang pertanyaannya adalah di mana hal ini terjadi karena ada keraguan terhadap pasar Wuhan sebagai sumber penularan aslinya.

Tim juga mengakui virus itu mungkin telah beredar di wilayah lain di China "beberapa minggu" sebelum diidentifikasi setelah wabah di pasar basah di Wuhan.

Konferensi pers dimulai setelah penundaan 20 menit, dan meninggalkan dunia dengan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.

Misteri asal-usul pandemi yang telah menewaskan lebih dari 2,3 juta orang ini justru semakin dalam.

Seorang juru bicara No10 mengatakan kepada The Sun Online: "Kami mendukung penyelidikan WHO, yang penting ini terbuka dan transparan. Kami akan menunggu informasi lebih lanjut tentang temuan mereka."

Baca: Terus Bermutasi, Ini Daftar Varian Baru Virus Corona yang Telah Teridentifikasi

ILUSTRASI Kelelawar
ILUSTRASI Kelelawar (pixabay.com)

Jamie Metzl, seorang rekan senior di Dewan Atlantik dan penasihat WHO, mengatakan kepada The Sun Online: "Menolak hipotesis kebocoran laboratorium tampaknya langkah yang salah oleh tim investigasi WHO.

"Untuk membuat pernyataan ini kredibel, mereka akan membutuhkan akses penuh dan tidak terbatas ke semua catatan, sampel, dan personel kunci dari WIV dan laboratorium lain, yang jelas tidak mereka miliki.

"Kami masih membutuhkan penyelidikan forensik internasional yang tidak terbatas untuk melihat semua kemungkinan hipotesis."







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved