Diusulkan Jadi Wali Kota Medan Definitif, Akhyar Nasution Akan Menjabat Kurang dari Seminggu

Akhyar Nasution diusulkan jadi Wali Kota Medan definitf meski masa jabatan sudah hampir habis.


zoom-inlihat foto
plt-wali-kota-medan-akhyar-nasution.jpg
Maurits Pardosi/Tribun Medan
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution saat ditemui di Kantor Wali kota Medan pada Senin (24/8/2020)


TRIBUNNEWSWIKI.COM - DPRD Medan, Sumater Utara, mengusulkan agar Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution diangkat menjadi wali kota definitif.

DPRD menyampaikan usulan itu kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Kendati demikian, periode jabatan Wali Kota Medan sudah hampir habis.

Terhitung jabatan periode saat ini akan berakhir pada 17 Februari 2021 mendatang, sebagaimana diberitakan Kompas.com.

Ketua DPRD Medan Hasyim SE mengatakan pengusulan itu baru dilakukan saat ini karena DPRD memiliki proses dan mekanisme yang harus dilengkapi untuk membentuk Badan Musyawarah (Bamus) dan sidang paripurna.

Agenda rapat paripurna itu adalah memberhentikan Wali Kota nonaktif Medan Dzulmi Eldin yang divonis bersalah dalam kasus korupsi.

“Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar dan penetapan sebagai wali kota definitif sisa masa jabatan 2016-2021 dapat dilakukan secepatnya sebelum masa jabatan habis,” kata Hasyim kepada wartawan di DPRD Medan, Selasa (26/1/2021).

Selain itu, masih ada syarat lain seperti putusan berkekuatan hukum tetap dari pengadilan mengenai kasus korupsi yang melibatkan Dzulmi Eldin dan surat dari Gubernur, yang baru diterima pada Januari 2021.

Baca: Perbandingan Aset Kekayaan, Bobby Nasution Menantu Jokowi Rp 54,8 M, Gibran Rp 33,7 M Lebih Sedikit

Baca: Bobby Nasution

Calon Wali Kota Medan nomor urut 1 Akhyar Nasution (kiri) bersama istri Nurul Khairani (kanan) menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Kota Medan di TPS 22 Kecamatan Medan Timur, Rabu (9/12/2020). Pilkada Kota Medan diikuti dua pasang calon dengan nomor urut 1 Akhyar Nasution-Salman Farisi dan nomor urut 2 Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman.
Calon Wali Kota Medan nomor urut 1 Akhyar Nasution (kiri) bersama istri Nurul Khairani (kanan) menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Kota Medan di TPS 22 Kecamatan Medan Timur, Rabu (9/12/2020). Pilkada Kota Medan diikuti dua pasang calon dengan nomor urut 1 Akhyar Nasution-Salman Farisi dan nomor urut 2 Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Terkait pengusulan ini, Akhyar menyampaikan terima kasih.

Dia akan ikut semua proses yang ada.





Halaman
1234
Penulis: Ahmad Nur Rosikin
Editor: Archieva Prisyta






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved